• Tak Berkategori

Olahraga Gagalkan Flu

Written by on Juni 1, 2016

Musim pancaroba belakangan hari ini kian terasa mendera kehidupan kita sehari-hari. Banyak orang, termasuk teman atau pun kerabat keluarga yang berbangkis di sekitar, yang mengkhawatirkan menularkan bangkisannya itu pada kita. Pancaroba atau pergantian musim sering dikaitkan dengan berjangkitnay berbagai macam penyakit, termasuk sakit flu. Dan beberapa ahli kesehatan memiliki saran yang baik untuk kita yang benar-benar ingin melawan berjangkitnya bermacam penyakit, termasuk serangan flu, yaitu dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bila di berbagai negara-negara maju pemerintahnya terus menganjurkan warganya untuk rajin melakukan vaksin, akibat kekhawatiran dari begitu banyaknya penyakit-penyakit baru yang berdatangan, baik yang dibawa dari musim perpindahan binatang-binatang atau pun juga fenomena imigrasi manusia akibat perang yang berkepanjangan. Melakukan vaksin adalah cara yang baik yang bisa dilakukan oleh setiap orang, untuk membantu dan menjaga daya tahan tubuh melalu cara peningkatan kekebalan tubuh.

Namun demikian, para pakar kesehatan dan ilmuwan pada bidang kesehatan juga mencoba melakukan banyak hal yang sederhana dalam upaya meningkatkan respon vaksin tersebut bagi tubuh. Cara yang disarankan adalah melakukan olah raga secara konsisten dan teratur. Dunia kesehatan membenarkan bahwa saat berolahraga, tubuh kita mampu memproduksi lebih banyak antibodi. Dr Kate Edward dari Birmingham, Inggris pernah mengingatkan bahwa manfaat olahraga terhadap respon sistem kekebalan vaksin influenza, hanya dengan gerakan melatih otot lengan atas untuk melawan gravitasi dan menurunkan berat badan.

Berolahraga sesungguhnya menigkatkan produksi interferon, yaitu hormon berupa protein yang terdisekresi sel vertebrata akibat rangsangan biologis, baik itu virus, bakteri, dan senyawa lainnya. Peningkatan interferon itu meningkatkan bekerjanya sel yang membentuk antibodi dari vaksin pada pria. Sedang pada wanita, saat berolahraga bisa meningkatkan kadar antibodi untuk menangkal virus flu. Dan saat berolahraga sebelum mendapat vaksin, akan memiliki manfaat yang juga cukup banyak, yang salah satunya meningkatkan respon vaksin itu sendiri. Dan berolahraga sesungguhnya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: