• Tak Berkategori

Pilihan Tempat Tinggal bagi Pasangan Baru

Written by on Juni 2, 2016

Pernikahan akan menjadi fase baru bagi beberapa pribadi yang telah bertekad untuk meninggalkan masa-masa kesendirian. Saat akan memasuki fase pernikahan, setiap orang akan mendapat sedikit gambaran tentang kehidupan pernikahan. Banyak sekali perbedaan yang berbeda saat dalam fase pernikahan, dibanding dengan fase sebelum menikah. Dari beberapa gambaran, maka kehidupan yang tidak lagi sendiri ini memiliki berbagai pertimbangan untuk bersepakat terhadap berbagai pilihan. Dan dari banyak pilihan bersama adalah juga pilihan tempat tinggal sebagai keluarga baru di kehidupan pernikahan. Ada 3 pilihan dalam menentukan pilihan tempat tinggal sebagai keluarga, yang bisa menjadi pertimbangan, yaitu membeli rumah, menyewa atau mengontrak rumah, atau tinggal dengan orang tua.

Dari tiap pilihan sangat membutuhkan pertimbangan yang akan berujung pada kemampuan keuangan bersama. Pilihan untuk membeli rumah, biasanya ada pada pasangan yang memiliki kekuatan, dan keberanian keberanian pengelolaan finansial. Sekali pun sesungguhnya bisa mengontrak, namun sesungguhnya dari perhitungan ekonomi membeli rumah jauh lebih menguntungkan, mengingat pengeluaran rutin tersebut pada dasarnya menghasilkan kepemilikan. Lalu pilihan menyewa rumah umumnya menjadi pilihan pasangan yang kemampuan dananya tidak terlalu besar. Pilihan ini mungkin karena belum memiliki kemampuan membeli rumah. Ingin lebih mandiri, biasanya menjadi alasan kuat untuk belajar berusaha sendiri, jauh dari topangan orang tua atau anggota keluarga lainnya. Dan sesungguhnya pilihan ini menuntut pengeluaran yang tidak menghasilkan barang milik sendiri, tapi hak pakai sementara.

Dan pilihan terakhir adalah tinggal dengan orangtua, yang biasanya kesepakatan bukan hanya pada kedua pasangan namun juga pada orangtua bahkan juga pada kakak beradik kandung atau pun juga kaka adik dari pasangan, untuk mengetahui apakah mereka menyetujui untuk tinggal bersama. Pilihan pasangan ini kebanyakan dipicu keterpaksaan akibat ketidak kemampuan keuangan untuk membeli atau menyewa rumah tinggal. Dan kesempatan seperti ini biasanya untuk sementara waktu sambil mengumpulkan pembayaran uang muka membeli rumah. Namun demikian, semua pilihan tersebut sesungguhnya tergantung kesepakatan tiap pasangan, yang sewajarnya melalui pertimbangan yang benar-benar matang, hingga pilihan keputusan adalah keputusan bersama untuk kepentingan bersama juga. Semoga berguna.

diadaptasi dari tulisan Joseph Zakharia -tricitramedia


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: