• Uncategorized

Dampak Buruk Orangtua yang Sibuk dengan Gadget

Written by on 8 June 2016

Dunia gadget yang semakin menjamur dan menembus batas dan ruang ternyata dapat menimbulkan dampak buruk bagi orangtua yang terlalu sibuk menggunakannya dan tidak mengetahui apa bahaya yang tengah mengincar mereka.

Sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa orang tua yang keranjingan gawai ternyata dapat membuat anak dalam kondisi berbahaya. Penelitian yang dirilis oleh the Child Accident Prevention Trust menemukan sebanyak 15 persen anak muda nyaris mengalami kecelakaan terkait dengan gawai. Salah satunya adalah berjalan dengan pandangan teralihkan oleh smartphone.

Kecelakaan sering terjadi ketika fokus teralihkan dan telepon genggam menjadi penyebabnya. Mulai dari remaja yang melangkah tanpa disadari menuju jalan raya saat dia berkirim pesan atau bayi yang memegang minuman panas saat orang tua mereka tengah berbalas pesan,” kata Rahul Chodarhi dari Royal College of Paediatrics and Child Health seperti dirilis Independent, Senin (6/06/2016).

Penelitian itu menilai ada dua per tiga warga Inggris yang memiliki gawai dengan satu dari tiga di antaranya memeriksa telepon genggam lima menit setelah bangun tidur. Perilaku ini dianggap dapat menunjukkan tingkat ketergantungan terhadap gawai. “Hanya butuh sepersekian detik untuk sebuah kecelakaan terjadi. Sehingga saya menekankan kepada orang tua dan anak muda untuk mengubah perilaku mereka,” kata Chodarhi yang juga ikut dalam penelitian tersebut.

Dari hasil penelitian terhadap 1000 orang tersebut, para orang tua disarankan untuk tidak mengaktifkan telepon genggam atau perangkat gawai mereka pada siang hari. Siang hari dianggap sebagai waktu kritis ketika beraktivitas, sehingga anak-anak rentan mengalami kecelakaan. “Ponsel dan gawai adalah anugerah bagi orang tua dengan tingkat aktivitas tinggi, mereka dapat berbelanja, menjalin silaturahim dengan keluarga, dan tetap menghibur anak-anak,” kata Kepala eksekutif Child Accident Prevention Trust, Katrina Phillips.

Banyak penelitian telah menunjukkan beragam bahaya yang muncul akibat terlalu banyak menggunakan gawai. Menurut ahli bedah tulang di Amerika Serikat Kenneth Hansraj, orang yang gemar menundukkan kepala hingga 30 derajat ketika melihat telepon genggam berisiko mengalami cedera pada leher. Menurut Hansraj, tekanan pada leher ketika menekuk melihat layar gawai menyebabkan keausan dini pada tulang, air mata, dan degenerasi akibat berat leher yang meningkat saat kepala tertunduk.

Selain itu dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat pada 2012 terlihat bahwa sebanyak 66 persen orang merasa panik ketika tidak memegang ponsel mereka. Para ilmuan pun telah menyebut adanya sebuah fobia baru yang dialami manusia ketika tak berhubungan dengan telepon, yaitu nomophobia. dt


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL