• Uncategorized

Tips Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan

Written by on 20 June 2016

Memelihara hewan peliharaan atau pets adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan tentunya bagi sebagian orang. Entah memelihara anjing, kucing atau bahkan hewan-hewan yang dikategorikan hewan peliharaan.

Akan tetapi, di dalam memellihara hewan peliharaan, tidak semudah seperti sekedar memelihara dan mencintai begitu saja hewan peliharaan tersebut. Ada beberapa hal yang mungkin terlupakan sebagai pemilik hewan peliharaan yang seharusnya diberikan kepada hewan peliharaan.

Berikut ini adalah 5 tips sederhana dalam rangka memelihara hewan peliharaan yang disampaikan oleh drh. Husnul Hamdi, Direktur Medis RS Hewan Jakarta atau yang akrab dipanggil Vet Hamdi:

1. Makanan yang Cocok dan Seimbang.
Makanan yang cocok dikonsumsi oleh hewan peliharaan tidak akan membuat hewan tersebut muntah, diare atau mengalami kerontokan pada bulunya. Seimbang yang dimaksudkan disini adalah, makanan tersebut mengandung nutrisi yang cukup. Dingatkan juga, bahwa organ pencernaan anjing dan kucing berbeda, jadi makanan yang dikonsumsi juga berbeda.

2. Vaksinasi.
Vaksinasi sangatlah penting untuk mencegah penyakit. Ada beberapa penyakit pada hewan peliharaan yang harus dicegah melalui vaksinasi seperti distamper, lectospirosis, rabies, dan lain sebagainya.

3. Pemberian Anti Parasit.
Parasit datang dalam berbagai bentuk, baik internal maupun eksternal tubuh. untuk mencegah parasit berkembang biak di hewan peliharaan, ada baiknya selalu rutin diberikan obat-obat anti parasit seperti obat kutu dan obat cacing.

4. Tempat Olahraga yang Aman.
Sebisa mungkin menghindarkan hewan peliharaan bermain dengan hewan peliharaan penular penyakit atau di lokasi yang berbahaya seperti bermain di pinggir jalan.

5. Kesehatan Mulut dan Gigi.
Sama seperti manusia, kesehatan mulut dan gigi hewan peliharaan juga harus diperhatikan oleh majikannya. Cara paling sederhana adalah mencari makanan yang cocok dan yang bisa mencegah tumbuhnya karang gigi. Kalaupun tumbuh karang gigi, efeknya akan luar biasa, dari bau mulut sampai infeksi ke organ bagian dalam yang tentu saja memiliki efek yang sangat berbahaya juga.
Demikian 5 tips sederhana bagi mereka yang sudah ataupun nantinya akan memiliki hewan peliharaan. Patut juga diingat bahwa hewan peliharaan sering diartikan sebagai teman baik manusia, jadi, rawatlah mereka dengan penuh kasih sayang dan cinta. at


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL