• Tak Berkategori

CERDIK, Pengingat Sederhana Menjaga Kesehatan

Written by on Juli 13, 2016

Sejak diluncurkan pada tahun 2012 yang lalu, tagline CERDIK telah menjadi media kampanye yang sederhana dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), di dalam rangka menjadikan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Berbagai bentuk penanggulangan penyakit, baik penyakit seperti diabetes, kanker, hipertensi, penyakit menular sampai pada kebiasaan merokok, dapat ditanggulangi dengan sederhana dengan satu kata ini.

Ajakan kepada masyarakat agar dapat berperilaku hidup sehat dirangkum dalam sebuah akronim CERDIK, yang berarti:

C : Cek Kesehatan Secara Berkala; secara teratur untuk megendalikan berat badan agar tetap ideal dan tidak berisiko mudah sakit, periksa tensi darah, gula darah, dan kolesterol secara teratur.

E : Enyahkan Asap Rokok;

R : Rajin Beraktifitas Fisik; melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, seperti berolah raga, berjalan kaki, membersihkan rumah. Upayakan dilakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur.

D: Diet Sehat dan Seimbang; dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, konsumsi buah sayur minimal 5 porsi per hari, sedapat mungkin menekan konsumsi gula hingga maksimal 4 sendok makan atau 50 gram per hari, hindari makanan/minuman yang manis atau yang berkarbonasi.

I : Istirahat Cukup; dan

K : Kelola Stress ; dengan baik dan benar.

Dengan melakukan enam perilaku hidup sehat yang terangkum dalam satu kata CERDIK ini, diharapkan masyarakat Indonesia dengan mudah dan sederhana menjaga kesehatan pribadinya masing-masing. at | berbagai sumber


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: