• Tak Berkategori

Orang Indonesia Kurang Vitamin

Written by on Agustus 2, 2016

 

Tubuh manusia harus tercukupi dengan vitamin. Kegunaannya bukan hanya untuk metabolisme, tapi juga untuk proteksi atas serangan beragam masalah kesehatan, termasuk kanker karena mengandung antioksidan. “Sayangnya, sebagian besar orang Indonesia masih kekurangan vitamin,” kata praktisi kesehatan dr. Phaidon L Toruan saat berbincang di segmen Klinik RPK FM yang ditayangkan di Program Obsesi 96,3 RPK FM Jakarta edisi Selasa, 2 Agustus 2016.

Terutama vitamin D, kata dr. Phaidon, seharusnya setiap orang Indonesia tak kekurangan mengingat negeri ini melimpah dengan sinar matahari yang turut membantu pembentukan vitamin D.

Cukup dengan berolahraga atau berjemur selama lima belas menit saja di bawah sinar matahari setiap hari antara pukul enam sampai sembilan pagi sudah lebih dari cukup untuk memenuhi asupan vitamin D,” jelas dr. Phaidon yang menjelaskan hormon tyroid akan bekerja dengan baik apabila vitamin D tercukupi.

Vitamin D, tambah dr. Phaidon tidak hanya berguna untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan tulang serta detoksifikasi. Namun, lebih dari itu, selain untuk kebutuhan fisik juga untuk menjaga kesehatan jiwa. “Coba, deh. Kalau vitamin D cukup dan terpenuhi lewat paparan sinar matahari maka akan lebih memberikan ketenangan, menghilangkan depresi,” kata dr. Phaidon.

Vitamin-vitamin lain pun disayangkan dr. Phaidon juga kurang tercukupi di tubuh sebagian besar orang Indonesia. Phaidon tak heran, jangankan rutin mengkonsumsi buah tiga kali sehari, makan buah sekali sehari saja belum tentu. “Kita harus konsumsi buah tiga kali sehari kalau mau memenuhi kebutuhan normal akan vitamin,” papar dr. Phaidon.

Lebih lanjut, dr. Phaidon mendorong setiap orang juga rajin mengkonsumsi sayur-sayuran. Karena, di samping kaya dengan vitamin C, sayur-sayuran dan juga umbi-umbian sanggup memenuhi banyak jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Kalau kita makan umbi-umbian, kita sebenarnya seperti makan makanan lengkap. Ada karbohidrat, asam aminonya, dan juga lemak sedikit. Mineralnya juga cukup,” ungkap Phaidon.

Bukan hanya menjaga kesehatan tulang dan kulit, beragam vitamin yang wajib dikonsumsi tubuh manusia juga diperlukan untuk mencegah penyakit jantung seperti vitamin B. Sementara kecukupan vitamin A wajib diperhatikan setiap orang kalau tak ingin pada waktu yang akan datang terganggu karena katarak. rik


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: