• Tak Berkategori

Setop Bawa “Cake”, Mulai Bawa Buah

Written by on Agustus 3, 2016

Tradisi bawa “cake” ke tempat kerja diduga memicu obesitas atau berat badan berlebih. Banjir “cake” juga berkontribusi pada penurunan kesehatan gigi. Jadi, sebaiknya apa buah tangan yang pas untuk dibagikan kepada rekan kerja di kantor?

Berbicara pada pertemuan tahunan Fakultas Kedokteran Gigi di Royal College of Surgeon, Profesor Nigel Hunt menyarankan agar mulai kini para pekerja atau pimpinan sebaiknya membawa buah saja kalau ingin membawa oleh-oleh untuk dimakan bersama di kantor.

Jangan bawa donat, biskuit, atau kue lagi. Ini semua memicu obesitas dan mengganggu kesehatan gigi,” kata Prof Hunt seraya menyerukan kepada para pekerja untuk menghentikan juga kebiasaan menawarkan kudapan ringan kala rapat kantor tengah berlangsung.

Prof Hunt memahami bahwa para manajer terbiasa memberikan hadiah atas hasil kerja anak buahnya ataupun seorang pekerja ingin merayakan acara spesial tertentu di kantor, dan sebagian lagi ingin membawa oleh-oleh sepulang liburan. Tapi semua itu dimeriahkan dengan pesta kue tart, misalnya? Inilah yang pada sebagian besar pekerja saat ini membuat asupan gula utama mereka didapatkan di kantor dan jelas berkontribusi pada epidemik kegemukan dan kesehatan mulut yang buruk.

Ini sungguh berbahaya apabila sepanjang hari di sekitar kita tersedia makanan-makanan itu. Sementara, kita sama-sama tahu setiap makanan yang mengandung gula berdampak negatif jika kita konsumsi di luar waktu mengemil,” kata Prof Hunt.

Sementara itu, kebiasaan membawa “cake” ke kantor juga bakal menyulitkan sebagian rekan kerja yang sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan atau mencoba untuk hidup lebih sehat.

Berapa banyak orang coba kita pernah lihat memulai diet dengan berusaha mengalahkan godaan donat, kue kering, dan biskuit coklat? Tapi, yah, saya tidak mau bilang supaya perlakuan seperti itu dilarang. Hanya saja kita perlu berubah dari kebiasaan ini,” kata Prof. Hunt.

Di luar kantor, apabila orang-orang ingin berbelanja dan membeli kue-kuean berasa manis, maka Prof. Hunt menyarankan agar sebaiknya membeli dengan porsi lebih kecil saja dan cukup untuk disantap dengan makan siang. Malah lebih baik apabila para pekerja mempertimbangkan alternatif lain seperti buah, kacang-kacangan atau keju. rik


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: