• Tak Berkategori

Tips Perawatan Rutin Kendaraan Bermotor

Written by on Agustus 3, 2016

Berkendara baik kendaraan roda dua atau empat merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Terlebih apabila kendaraan yang dikendarai dalam performa yang fit. Namun disebabkan aktifitas yang padat di perkotaan seperti Jakarta. Sebagai contoh, banyak hal kecil yang terlewatkan oleh para pengguna kendaraan.

Berikut adalah tips untuk melakukan perawatan rutin yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan sahabat RPK di perkotaan:

  1. Periksa Tekanan Ban
    Suatu hal yang kecil, namun memiliki efek yang tidak kalah besarnya dengan pemeriksaan oli. Ban juga memiliki usia. Ban akan berumur panjang apabila selalu diperiksa dan dipastikan tekanan ban. Tekanan ban yang normal untuk mobil adalah depan 32 – 34 psi, belakang 30 – 32 psi. Sedangkan untuk ban motor, depan 27 – 29 psi dan belakang 30 – 33 psi. Kurangnya tekanan ban dapat mengakibatkan ban menjadi cepat aus dan botak.
  2. Periksa Aki (Accumulator)
    Sebagai sumber listrik kendaraan sahabat, Aki atau Accu adalah juga bagian terpenting yang mesti diperiksa saat perawatan rutin kendaraan sahabat. Namun untuk merawat aki, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan:
    Pastikan untuk melepas kabel terlebih dahulu dari baterai sebelum dibersihkan. Kemudian bersihkan kabel dengan sikat kawat dan larutan satu gelas air dan satu sendok makan baking soda.
    Selanjutnya periksa koneksi kabel, apakah aki terikat kencang pada dudukannya. Jika ada kabel yang longgar, kencangkan.
  3. Rem
    Apabila kendaraan sudah mulai loss atau blong, sebaiknya tidak perlu menunda-nunda untuk memeriksa dan mengganti apabila diperlukan. Gejala yang bisa diperhatikan adalah ketika rem berderit saat mobil dihentikan. Selain itu, minyak rem mungkin tidak penuh, jika saat pedal diinjak tidak terasa adanya tolakan. Jika pedal bisa diinjak hingga habis ke bawah, ini berarti sepatu rem mulai tipis.
  4. Wiper
    Ketika wiper sudah tidak berfungsi maksimal, misalnya ketika hujan, air yang disapu karet wiper tidak bersih, sudah waktunya wiper tersebut diganti. Apabila sahabat memarkir kendaraan di terik matahari, sangat disarankan untuk mengangkat wiper agar karet wiper lebih awet usianya.
  5. Oli, Belt, Selang-selang, Pelumas
    Pastikan batas oli di dalam ruang mesin sesuai dengan batas yang ada di badan mesin. Apabila oli kurang diperhatikan, akan berpengaruh besar kepada performa mesin, akselerasi dan juga pemakaian bahan bakar.
  6. Busi
    Apabila ketika kendaraan sahabat dalam kondisi diam (idle) terasa mrebet atau ketika berjalan, akselarasi mesin tersendat seperti kekurangan tenaga, itu adalah gejala ada kerusakan pada busi mesin. Kondisi ini bisa menjadi acuan bagi sahabat RPK untuk mengganti busi kendaraan sahabat.
  7. Jadwal Servis
    Disiplin pada jadwal servis kendaraan sahabat di bengkel langganan sahabat RPK, akan memastikan kendaraan sahabat menjadi lebih awet dan memiliki performa yang diharapkan.

Semoga bermanfaat. at


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: