• Tak Berkategori

Manfaat Bernafas secara Mendalam buat Kesehatan Kita

Written by on Agustus 9, 2016

Angka 13 mungkin buat sebagian besar orang menjadi angka sial. Namun bila kita berbicara mengenai manfaat bernafas, kami merangkum dari berbagai sumber dan menemukan 13 manfaat yang dapat kita peroleh saat mengambil nafas secara mendalam.Intinya, menarik nafas yang mendalam ternyata sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental/emosi kita. Hal inilah yang sering kita lupakan saat ini (terutama di saat kita sibuk beraktivitas). Kita sering menganggap bernafas sebagai sebuah hal yang refleks, sehingga menghirup nafas secara dalam sering kita lupakan. Berikut ini 13 manfaat bernafas secara mendalam:

Meredakan Stress. Ketika kita menarik nafas dengan panjang dan dalam, tubuh kita akan mengirimkan sinyal untuk memperlambat reaksi di otak. Hal tersebut akan mengubah hormon dan faktor fisiologis lain, sehingga denyut jantung akan diperlambat serta tekanan darah yang cenderung tinggi saat stress akan turun. Kondisi terakhir, otak kita akan menjadi tenang dan rileks.

Salah satu cara untuk membuat tubuh rileks adalah dengan berkonsentrasi pada pernafasan. Bernafas bisa sebagai teknik relaksasi untuk mengelola stres dan sakit kepala. Kuncinya adalah fokus pada menghilangkan ketegangan dengan bernafas melalui diafragma, mengisi perut dengan udara. Bernafas dalam dapat membantu mengurangi keparahan dan frekuensi ketegangan sakit kepala yang berhubungan dengan stress, memperlambat denyut jantung, tekanan darah rendah dan mengurangi kelelahan.

Mengurangi Rasa Cemas. Rasa cemas dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan penyakit. Dua diantaranya adalah gangguan pencernaan (lambung) dan masalah jantung. Latihan nafas mendalam dapat membantuk kita membersihkan setiap ‘sumbatan’ dalam pikiran, sehingga membantu kita kembali fokus dan tenang. Saat kita kembali fokus dan tenang, rasa cemas pun akan memudar.

Membantu Memperbaiki Kesehatan Fisik dan Mental. Bernafas dalam-dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah, meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara memperlambat detak jantung kita, memperbaiki sirkulasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu pencernaan, sehingga pada akhirnya membantu meningkatkan kinerja mental dan energi.

Mengurangi Rasa Gugup. Gugup merupakan perasaan yang umum dialami oleh setiap orang. Terkadang rasa gugup dapat membuat seseorang sulit untuk berbicara, ketika hal tersebut terjadi, bernafas dalam-dalam dapat dilakukan untuk mengatasinya. Cobalah untuk menutup mata sambil menarik nafas dengan dalam selama satu atau dua menit.

Menurunkan Amarah. Ambil nafas secara dalam ketika Anda mulai merasa emosi sedang meninggi. Saat marah, tubuh akan merasa tertekan, dengan bernafas secara dalam bisa menurunkan emosi dan tekanan yang muncul.

Memperbaiki Sirkulasi Darah. Menarik nafas secara mendalam dan teratur dapat meningkatkan dan memperbaiki pengiriman oksigen ke seluruh organ tubuh. Coba kita menarik nafas dalam melalui perut untuk meningkatkan suplai oksigen ke organ-organ tubuh dan membantu seluruh perkembangan dari sistem tubuh.

Saat kondisi emosi meninggi dan detak jantung terasa cepat, tariklah nafas dalam-dalam. Cara ini bisa sangat efektif menurunkan detak jantung saat kondisi sedang stress. Ambil nafas dalam-dalam dengan benar, lakukanlah sebanyak tiga kali. Detak jantuk dan tekanan darah pun akan menurun.

Membantu Detoksifikasi. Menarik nafas dalam secara rutin kita dapat melakukan detoksifikasi organ tubuh. Karena ketika kita menarik nafas dengan dalam, dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga membersihkan sistem tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah. Bernafas secara dalam merangsang munculnya oksida nitrat alami yang berfungsi membuat seseorang lebih tenang. Zat tersebut akan memasuki paru-paru bahkan pusat otak, sehingga tekanan darah yang dalam keadaan tinggi bisa menurun.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit. Dengan menarik nafas dalam-dalam, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Ini adalag sejenis zat yang memberikan rasa nyaman dan juga merupakan pereda rasa sakit alami. Hormon ini juga dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Otot yang tegang meruoakan penyebab utama nyeri pada leher, punggung dan lambung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menarik nafas dalam-dalam memberikan manfaat bagi penderita asma.

Relaksasi Perut. Penelitian telah menunjukkan dengan menarik nafas dengan dalam dapat merelaksasi perut dan membantu perut Anda untuk bergerak dengan tepat. Jadi, jika perut kita bergejolak, cobalah untuk menarik nafas dengan dalam, terutama ketika kita sedang berada di toilet.

Mempercepat Penurunan Berat Badan. Walaupun rahasia mempercepat metabolisme berat badan adalah dengan membakar lemak, tapi latihan pernafasan dalam bisa menjadi bagian dari yoga yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Pernafasan dalam membuat tubuh lebih mudah mendapatkan oksigen yang dibutuhkan untuk proses metabolisme secara efisien. Teknik pernafasan yang tepat sangat penting untuk latihan aerobik yang efektif juga, sehingga dapat meningkatkan energi dan membuat kita merasa lebih mudah untuk terlibat dalam aktivitas fisik lebih kuat.

Meningkatkan Aliran Limfatik (Getah Bening). Dengan membantu mengembangkan paru-paru lebih penuh, pernafasan dalam juga meningkatkan aliran cairan limfatik yang membantu mencegah infeksi. Sistem limfatik bekerja dengan cara yang sama untuk sistem peredaran darah. Bila darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, getah bening dapat mencegah tubuh dari penyebab penyakit seperti bakteri, infeksi virus, zat-zat asing, mati sel-sel darah putih, racun dan limbah selular lainnya.

Meningkatkan Fungsi Paru. Pernafasan dada yang pendek tidak menyediakan oksigen yang cukup dalam darah, yang berarti bahwa kurang pula oksigen yang tersedia untuk jaringan dan organ tubuh. Hal ini karena ketika orang menarik nafas cepat dan dangkal, paru-paru tidak cukup mengembang untuk memungkinkan transfer maksimum oksigen ke dalam darah.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: