• Tak Berkategori

Cerdas Dalam Berpergian

Written by on Agustus 15, 2016

Ingin liburan ala-ala travelling? Tapi masih bingung ingin memilih paket wisata atau merancang jadwal berpergian sendiri? Ada banyak yang bilang paket wisata itu ribet dan ada kemungkinan tidak memuaskan, tapi juga tak sedikit yang bilang merancang jadwal sendiri itu justru lebih repot dan sedikit wawasan.

Tidak selalu paket wisata membuat Anda merasa tidak puas dalam menikmati liburan, karena ternyata ada beberapa jenis paket wisata yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang penting, kenali dulu karakteristik dari setiap jenis paket wisata yang ada.

Group Inclusive Tour (GIT) merupakan paket wisata yang tepat bagi Anda jika tidak memiliki informasi yang cukup untuk menjelajahi tempat wisata sendiri.  Tetapi Anda perlu memperhatikan syarat keberangkatannya. Untuk dapat berangkat, biasanya GIT membutuhkan minimal 15 peserta yang bergabung. Jika kurang dari itu, maka perjalanan sering kali dibatalkan atau tidak sedikit travel agent  yang akan manawarkan untuk bergabung di kelompok wisata yang sebelumnya.

“Kalau ada travel agent yang berangkat dengan peserta dibawah 15, biasanya dia sudah itung ulang terlebih dulu,” ujar Bob Moningka, seorang traveler juga konsultan perjalanan wisata. “Kalau ada travel agent yang minimal pesertanya 30 atau 35 itu dia ngitungnya lebih murah lagi,” tambah Bob dalam program TravelTalk, 96.40RPKFM Jakarta.

Sedangkan Free Individual Traveler (FIT) cocok bagi Anda yang sudah berpengalaman atau memiliki informasi yang lebih luas untuk menjelajahi tempat wisata sendiri. Paket wisata ini terbilang lebih fleksibel baik waktu maupun biaya. Paket wisata FIT biasanya bisa Anda jumpai di bandara atau pun lobby hotel tempat Anda menginap.

Apapun jenis paket wisatanya, menurut Bob, kita harus mencari tahu dengan jelas apa yang termasuk dan tidak termasuk di dalamnya. “Harus diperhatikan juga kata ‘melewati’ atau ‘mengunjungi’. Kalau mengunjungi berarti stop by, kalau melewati ya berarti passing by saja. Misalnya ke menara Eiffel, dari awal tanyakan paketnya termasuk naik ke atas menaranya atau hanya di depan menaranya saja. Untuk makan juga diperhatikan, biasanya ada tulisan MP (Makan Pagi), MS (Makan Siang), MM (Makan Malam),” jelas Bob.

Menurut Bob, paket wisata yang paling diminati orang Indonesia adalah paket wisata yang bersifat highlight yaitu mengunjungi tempat sebanyak mungkin dengan waktu yang sesingkat mungkin.

Jenis paket wisata mana pun menguntungkan, hanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda. “Bagi mereka yang punya waktu dan biaya yang terbatas, lebih enak yang group untuk orientasi. Tetapi kalau Anda punya biaya yang lebih dan waktu yang banyak lebih enak individual, bisa memilih paket wisata FIT atau membuat group sendiri,” pungkas Bob. mm


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: