• Tak Berkategori

GEM 2016 : Turunkan Kemiskinan Lewat Pendidikan

Written by on September 9, 2016

“Kejeniusan tanpa pendidikan, ibarat perak di dalam tambang” demikian ungkapan Benjamin Franklin. Dalam perjalanan peradaban dunia, pendidikan terbukti telah membawa manusia pada tingkat yang lebih tinggi, terutama dalam konteks status sosial. Setiap manusia terdidik tampaknya mampu membawa dirinya pada tataran kehidupan yang lebih dari sebelumnya. Demikian beberapa hasil yang dipaparkan dalam GEM, kepanjangan dari Global Education Monitoring atau Pemantauan Pendidikan global yang dilakukan oleh United Nation Educational, Scientific, and Culutural Organization atau UNESCO.

Dalam laporan tersebut, UNESCO memaparkan bahwa tingkat pengangguran pada faktanya lebih rendah didapati pada kalangan penduduk yang berpendidikan. Dalam analisis UNESCO melalui aporan GEM 2016 ini memaparkan bahwa jika seluruh pekerja yang berasal dari kalangan beruntung maupun kurang beruntung dan mempunyai pendidikan yang sama, maka ketimpangan sosial yang ada pada kalangan ini bisa berkurang sebanyak 39%. Itulah sebabnya sampai saat ini UNESCO masih percaya bahwa pendidikan sesungguhnya dapat mendorong pertumbuhan dan meningkatkan penghasilan golongan paling miskin. Dan bila pendidikan dapat terdistribusi dengan merata, maka dapat dipastikan bahwa hal itu akan mengatasi ketidaksetaraan kehidupan masyarakat.

Laporan dalam GEM 2016 menyebutkan bahwa jika 10 negara anggota UE atau Uni Eropa telah berhasil mengurangi penduduk yang putus sekolah serta meningkatkan partisipasi penduduk dalam pendidikan tertier. Demikian laporan UNESCO untuk SGD, yaitu sustainable devolepment goals atau pencapai pembangunan yang berkelanjutan. Pencapaian yang berhasil diraih UE juga mampu menurunkan jumlah warga yang menghadapi risiko kemiskinan sebanyak 3,7 juta orang. Dalam GEM 2016 ini terdapat pemaparan yang menyebutkan bahwa kunci dalam mencapai negara yang makmur adalah investasi kualitas pendidikan menengah dan tertier.

Kemudian selain upaya-upaya untuk memperluas jangkauan pendidikan yang merata, setiap pemerintah perlu lebih berperan untuk memusatkan perhatian pada kebijakan sosial yang lebih adil, dalam upaya membantu memutarbalikkan tren kesenjangan penghasilan, yang pada saat ini kian terasa melebar di berbagai negera. Penggalakan kesadaran akan pentingnya pendidikan oleh pemerintah adalah meyakinkan setiap keluarga dalam setiap negara. Hingga akhirnya tiap-tiap ke;uarga bisa mendorong penyadaran tersebut pada masing-masing anggota keluarganya masing.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: