• Tak Berkategori

Cegah Kanker Serviks, Dinas Kesehatan Berikan Vaksinasi HPV untuk Anak SD

Written by on September 20, 2016

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Namun, bila kanker dapat terdeteksi secara dini, niscaya kanker dapat ditangani dengan baik sampai sembuh. Dengan adanya IVA Test yang merupakan metode pencegahan, sangat menguntungkan bagi para wanita karena dapat langsung dilakukan screening terhadap penyakit ini. IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Test sendiri adalah  metode yang tersedia di hampir seluruh Puskesmas di Jakarta, khusus di tingkat kecamatan.

Kepala Seksi Penyakit Menular & Tidak Menular Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dr. Endang Murdiyati, mengatakan bahwa Dinas Kesehatan juga menggelar pelatihan-pelatihan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan dan pengobatan Kanker Serviks. Dinas Kesehatan, menurut dr. Endang, akan terus berupaya hingga penanganan kanker, terutama Kanker Serviks, dapat terpenuhi di Puskesmas tingkat Kelurahan.

Tidak hanya deteksi, Dinas Kesehatan pun mengadakan upaya preventif alias pencegahan, salah satunya dengan metode vaksinasi. Dr. Endang Murdiyati mengatakan bahwa Dinas Kesehatan berencana memberikan vaksinasi HPV (Human Papilloma Virus) untuk anak-anak sekolah, khususnya yang duduk di Kelas V. Seperti diketahui, pemberian vaksinasi HPV yang paling efektif diberikan sejak usia 9-13 tahun.

Untuk itu, dr. Endang mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan seluruh pemangku kepentingan kesehatan agar menyosialisasikan program vaksinasi HPV ini. Diharapkan, program ini dapat berjalan dengan baik di tahun ini (2016) dan terus berlanjut demi menyehatkan perempuan Jakarta.

Berikut ini kutipan pernyataan Kepala Seksi Penyakit Menular & Tidak Menular Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dr. Endang Murdiyati dalam program ‘Jakarta Sehat‘ 96.30RPKFM Jakarta, Selasa (20/09):


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: