• Tak Berkategori

1,25 Juta Orang Tewas karena Kecelakaan Lalu Lintas

Written by on September 21, 2016

Korban meninggal karena kecelakaan lalu lintas masih terus berjatuhan. Perserikatan Bangsa Bangsa menyebutkan bahwa setiap tahun sedikitnya 1,25 juta orang di dunia tewas karena kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Bahkan, kecelakaan lalu lintas penyumbang tertinggi penyebab kematian pada orang-orang muda, di antara usia 15-29 tahun.

Keselamatan di jalan raya di negara-negara yang pendapatannya rendah dan menengah kembali menjadi sorotan karena sebagian besar atau sekitar 90 persen kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di sana. “Kalau tak ada aksi apapun, jumlah kecelakaan lalu lintas diprediksi bakal meningkat dan menduduki peringkat ketujuh penyebab kematian manusia pada tahun 2030 mendatang,” rilis PBB di situs resminya.

Disebutkan PBB, para pejalan kaki, pesepeda, dan pemotor mencakup setengah dari jumlah orang yang berisiko atau rentan menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Bukan hanya berisiko menjadi korban tewas, tetapi juga menjadi korban luka berat yang bisa berujung dengan kecacatan atau disabilitas.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan, kaum laki-laki berusia muda paling berpotensi terlibat kecelakaan lalu lintas dibandingkan perem[uan. Diperkirakan, sekitar ¾ atau 73 persen kecelakaan lalu lintas menyebabkan kematian laki-laki berusia muda. Bahkan di antara para pengemudi mula, pengemudia berusia 25 tahun berpotensi tiga kali lipat tewasdalam kecelakaan lalu lintas dibanding perempuan muda.

Sesungguhnya, luka-luka dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas ini sesuatu yang dapat dihindari. Maka dari itu, pemerintah perlu mengambil tindakan serius menempatkan isu keselamatan di jalan raya secara menyeluruh. Untuk itu diperlukan keterlibatan dari multisektor seperti angkutan umum, kepolisian, kementerian kesehatan, dan pendidikan sebagai upaya peningkatan keselamatan jalan,” imbau PBB.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: