• Tak Berkategori

#JakartaSehat: Jumlah Kelurahan Siaga Lampaui Target

Written by on September 27, 2016

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengklaim melampaui target pemenuhan jumlah Kelurahan Siaga Aktif. Sampai September tahun ini, jumlah kelurahan yang berstatus sebagai Kelurahan Siaga Aktif telah mencapai 78 persen dari target hanya 70 persen. Program ini sendiri diluncurkan pada 2009 lalu, mengadopsi program serupa Desa Siaga yang digagas Kementerian Kesehatan pada 2006.

Ecep Setyadi dari Seksi Promosi dan Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjelaskan dengan keberadaan Kelurahan Siaga Aktif yang semakin merata di Jakarta akan menekan jumlah kasus atau kematian ibu dan anak, penyakit tidak menular, HIV dan AIDS serta demam berdarah dengue.

Harus jujur dikatakan bahwa isu kesehatan tak bisa hanya ditangani pemerintah sendiri. Perlu juga partisipasi penduduk untuk mengembangkan upaya kesehatan berbasis kesehatan,” kata Ecep dalam Program Khusus Jakarta Sehat di Program Obsesi 96,3 RPK FM Jakarta edisi 26 September 2016.

Sementara itu, Emmy, Sahabat RPK dari Tangerang mengatakan masyarakat belum memahami betapa penting menjaga kebersihan lingkungan. “Nggak menghargai petugas kebersihan yang setia bekerja. Masyarakat kita perlu diimbau supaya memperhatikan sampah masing-masing. Sampah rumah tangga jangan berantakan, dong. Memang masyarakat kita kurang sadar diri,” tegas Emmy.

Ecep Setyadi setuju dengan apa kata Emmy. Dia mengatakan cita-cita dari keberadaan Kelurahan Siaga Aktif memang untuk menyadarkan setiap anggota masyarakat dalam penanganan masalah kesehatan. “Bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan,” kata Ecep.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: