• Tak Berkategori

#KlinikRPK: Parenting With Love

Written by on Oktober 4, 2016

Setiap orangtua memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak sejak kecil hingga dewasa. Pada prinsipnya dengan satu tujuan yaitu untuk membuat anak dapat berperilaku baik. Namun tidak sedikit orangtua terkadang membuat sebuah peraturan mendidik anak dengan cara yang kaku dan monoton.  Hal ini memiliki dampak yang signifikan bagi perkembangan anak.

Parenting with love adalah cara mendidik anak sesuai dengan prinsip cinta kasih. Prinsip ini bukan berarti dengan memanjakan anak ataupun mengekang anak dengan dengan berbagai peraturan. Narasumber program #KlinikRPK di 96.30RPKFM Jakarta, Morrisa Gayatri yang merupakan seorang psikolog mengatakan bahwa persepsi cinta dalam parenting with love itu sendiri sangat luas.  Yang terpenting yaitu bagaimana anak dapat mengerti perspektif orangtua dan sebaliknya.  Adanya komunikasi yang interaktif antara orangtua dan anak merupakan kunci dari cara mendidik tersebut.

Parenting with love ini disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi, da pengenalan akan hal-hal ini harus dilakukan saat anak masih berusia dini. Misalkan untuk memotivasi anak dalam pendidikan peran orangtua sangatlah diperlukan.

Untuk anak-anak biasanya belajar itu, kita kembali mempersepsikan kepada mereka, belajar itu gak harus yang duduk yang serius, ajarkan mereka dengan cara apa yang mereka bisa. Misalnya mereka memang visual sekali ya kita akan mendukung dengan sisi visualnya, dan kita mendukung mereka itu dengan fasilitas,” ujar Morrisa.

Ia juga menambahkan, selain hanya mendukung dengan fasilitas, anak-anak juga butuh bimbingan dan pendampingan langsung dari orangtua mereka. Jadi, bukan hanya sekedar memberikan kebutuhan anak setelah itu meninggalkan mereka di rumah.

Pola komunikasi dalam parenting with love dapat berupa pelibatan anak sejak dini dalam berpikir secara kreatif serta mengambil keputusan dengan bertanggung jawab, terutama terkait dengan hal-hal yang terkait dengan keberadaan si anak.

Deskripsikanlah dengan jelas apa maksud perintah dan apapun yang anda katakan itu, jelaskan sedikit sesuai dengan usia mereka dan merangsang mereka untuk lebih bisa untuk mengambil keputusan juga dalam kehidupan mereka dalam hal hal yang sederhana,” jelas Morissa.

Mengakhiri percakapannya dalam #KlinikRPK,  Morrisa kembali mengimbau orang tua agar lebih peka terhadap perkembangan anak.

Intinya adalah tetap menyadari bahwa dunia itu selalu dengan penuh warna. Kenalkan mereka dengan warna-warni dunia. Izinkan mereka untuk menikmatinya. Tapi juga dengan rules tertentu yang memang sesuai dengan kategori usia dan perkembangan mereka. Love parenting itu artinya kita sama-sama bisa berkomunikasi dengan baik secara interpersonal. Jadi high tech, high touch,” jelas Morissa.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: