• Tak Berkategori

#KlinikRPK: Rahasia Pulih Skizofrenia

Written by on Oktober 4, 2016

Beraktivitas dengan normal, produktif, dan terhindar dari setiap gangguan yang sering kali hadir dalam pikiran adalah dambaan setiap ODS (Orang Dengan Skizofrenia). Tidak sulit untuk dapat pulih, hanya perlu diingat bahwa prosesnya dimulai dari diri sendiri!

Nanda, ODS yang telah bebas dari skizofrenia, mengungkapkan bahwa hal paling utama dalam proses pemulihan adalah berani menerima diri sendiri. Artinya, ODS harus senantiasa terbuka dengan kondisi dan keadaan diri yang sedang mengalami gangguan jiwa.

Ia juga menerangkan bahwa dengan penerimaan dari diri sendiri akan membuka peluang bagi ODS untuk dapat terbuka dengan masukan dari orang lain, baik keluarga, lingkungan, bahkan psikolog.

“Bagaimana orang mau membantu kita, kalau kita sendiri tidak membuka diri bahwa kita butuh bantuan,” ujar Nanda.

Kunci pemulihan skizofrenia memang dimulai dari diri sendiri, akan tetapi ODS juga harus mau membuka diri kepada sesama yang memang bertujuan untuk membantu.

Pulih dari skizofrenia adalah kerja tim, saya tidak bisa mengatasi sendiri, dalam arti saya mengalami bimbingan khusus dengan counselor dan bahkan pendeta,” ungkap Nanda.

Menurut Nanda, tidak perlu menunggu lama untuk seseorang menjalani perobatan skizofrenia. Ketika orang-orang sekitar sudah merasa terganggu dengan sikap dan omongan yang kita lontarkan itu saatnya untuk intropeksi diri dan segera mencari pihak-pihak yang dapat diandalkan.

“Ketika seseorang sudah mengurung diri atau omongannya sudah tidak nyambung, saya pikir sudah langsung disarankan untuk ke psikater,” himbaunya.

Menghindari konsumsi obat yang telah dianjurkan adalah keputusan yang salah jika ingin pulih dari skizofrenia. Nanda berkata bahwa banyak orang beranggapan mengkonsumsi obat dapat merusak ginjal, hati, dan organ dalam lainnya, padahal hal tersebut belum tentu dan berisiko sangat kecil.

“Jangan terlalu memandang yang jauh-jauh, dalam arti mikir sakit ginjal atau sakit lever. Saya punya pemikiran bahwa saya hidup untuk hari ini, bahkan besok bangun pagi pun saya gak tau saya bangun apa nggak, dalam arti hari ini saya ingin keluarga saya tidak repot ngurusin saya,” tutupnya.

Sabar, bersikap menerima, dan belajar mengakui adalah pilar penting dari pemulihan skizofrenia.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: