• Tak Berkategori

Sudahkah Anda “Sadari” Hari Ini?

Written by on Oktober 5, 2016

Bulan Oktober, diperingati sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara. RPK FM Jakarta bersama Paguyuban Pelangi dari GKI Pondok Indah ikut peduli dengan mengingatkan semua pihak betapa deteksi dini kanker payudara sangat penting. Caranya dengan SADARI. Singkatan dari periksa payudara sendiri.

Sederhana saja. Cukup raba seluruh bagian payudara, terutama seminggu setelah masa haid bersih. Periksa dan rasakan dari mulai tepi luar payudara hingga puting sekiranya ada perubahan atau benjolan,” jelas dr. Rebecca Angka, M. Biomed dari Paguyuban Pelangi GKI Pondok Indah di Program Klinik RPK FM edisi Rabu, 5 Oktober 2016.

Dr. Rebecca mengatakan “sadari” penting dilakukan terutama bagi perempuan yang tengah berada di masa reproduksi dan saat belum ada keluhan. “Harus rutin dan teratur setiap bulan,” tegas Rebecca. Selain pemeriksaan yang biasanya dilakukan sebagian besar perempuan di saat mandi, Rebecca menyarankan agar pemeriksaan juga dilakukan dalam posisi tidur.

Posisinya telentang. Lalu, apabila ingin periksa payudara sebelah kiri, angkat pula tangan kiri ke atas sembari tangan kanan memeriksa payudara sampai ke ketiak. Kadang kala, benjolan itu justru berada di bagian ketiak,” ujar dr. Rebecca.

Cairan dari Puting Susu

Cara sederhana lain untuk perempuan deteksi dini kanker payudara, kata dr. Rebecca, dengan jeli dan tanggap apabila melihat cairan yang keluar dari puting payudara sementara sedang tidak menyusui.

Maka dari itu, kami sering sarankan untuk sehari-hari pakailah bra dengan warna terang sehingga lebih muda mengecek kemungkinan adanya cairan yang keluar dari puting payudara padahal sedang tidak menyusui,” terang dr. Rebecca.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pelangi GKI Pondok Indah Diana Subiyanto mengatakan tak sulit untuk mempraktekkan “sadari”.

Tidak perlu membawa yang akan diperiksa ke ruangan khusus. Di ruangan terbuka pun tak soal dan tak perlu pula buka baju segala. Saya boleh mencontohkan dan mempraktekkannya setiap saat diminta,” kata Diana.

Informasi mengenai praktek ‘sadari’ itu pun disosialisasikan dalam dan oleh Paguyuban Pelangi. Paguyuban Pelangi merupakan sebuah support group untuk para penyandang kanker, termasuk kanker serviks dan kanker payudara yang hingga kini masih menjadi momok kaum perempuan. Keberadaan support group sangat diperlukan sebagai bagian penting dari pengobatan pasien kanker. Pasalnya melalui kelompok pendukung seperti Paguyuban Pelangi GKI Pondok Indah ini, para pasien kanker dapat menjalani proses pengobatan dengan lebih baik, terutama terkait dengan dukungan mental atau secara psikologis.

Jadi, sudahkah Anda “sadari” hari ini?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: