• Tak Berkategori

#JakartaSehat: Ibu Hamil, Yuk Cek HIV/AIDS

Written by on Oktober 11, 2016

Kasus HIV/AIDS juga ada pada kelompok bayi dan salah satu yang memicu pertambahan kasus HIV/AIDS di Jakarta. Kasus pada kelompok ini disebabkan penularan dari ibu hamil ke janinnya dan sebenarnya bisa dicegah apabila mengikuti pengecekan.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mendorong kaum ibu hamil untuk mengikuti program Pencegahan Penularan HIV/AIDS dari Ibu ke Anak atau PPIA dengan menjalani pemeriksaan atau tes HIV/AIDS. Semakin banyak dan dini ibu hamil mengetahui ada tidaknya virus HIV pada tubuhnya maka akan memberikan lebih banyak harapan bagi anak-anak untuk lahir bebas dari HIV dan ibu yang terinfeksi.

Peluang penularan HIV kepada anak bisa ditekan hingga menjadi 2 persen saja kalau ibu hamil mengikuti pemeriksaan atau tes HIV,” terang dr. Parlyn Situmorang, MKM, dari Seksi Kesehatan Keluarga di Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam Program Khusus “Jakarta Sehat” di FM96.30MHz Radio Pelita Kasih Jakarta edisi Selasa, 11 Oktober 2016.

Dr. Parlyn menegaskan tak ada yang perlu ditakutkan dari hasil tes HIV/AIDS sekalipun kelak dinyatakan positif. “Justru dengan PPIA ini akan memberikan harapan hidup bagi anak-anak yang terlahir dari ibu dengan HIV positif seperti anak-anak lainnya yang lahir dari ibu tanpa virus HIV,” tambah dr. parlyn menyemangati kaum ibu hamil agar tak segan-segan mengikuti program tes HIV/AIDS.

Di samping itu, dr. Parlyn juga mengatakan keuntungan tersendiri juga akan didapatkan ibu yang ternyata positif menyandang virus HIV. Ibu dengan HIV positif, kata dr. Parlyn, dipastikan memperoleh dukungan dan harapan untuk bisa hidup lebih baik dan mendidik generasi yang mereka hasilkan sebagai generasi yang tangguh.

Dr. Parlyn menjelaskan semua Puskesmas Kecamatan di DKI Jakarta sudah melaksanakan program PPIA ini. Demikian juga dengan rumah-rumah sakit yang tersebar di seantero Jakarta. Bagi ibu hamil yang ingin mengikuti PPIA tidak dipungut biaya alias gratis.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: