• Tak Berkategori

#KlinikRPK: Rahasia Pulih Skizofrenia

Written by on Oktober 11, 2016

Berbagai usaha untuk menjadi pulih dan sehat sudah Nanda jalani. Namun ada waktu dimana keinginan dan kemauan itu tumpul, dan tidak ingin melakukan apapun. Normalnya, seseorang akan mempunyai rencana setelah ia membuka matanya. Namun tidak untuk Nanda saat itu. Ia merasa tidak mempunyai gairah dan tidak mempunyai semangat untuk melakukan sesuatu. “Ini merupakan kondisi yang sering dialami oleh para pengidap Skizofrenia,” begitu ujar Nanda kepada RPK pada tanggal 6 Oktober 2016 yang lalu. Keadaan seperti ini tentu saja sangat tidak baik bagi mereka yang menghadapi salah satu gangguan kesehatan jiwa itu.

Kurang lebih 2 tahun lamanya Nanda tidak memiliki motivasi melakukan aktivitas apa pun. Sampai akhirnya orangtuanya turun tangan membawa Nanda ke psikater untuk mengetahui apa gerangan yang terjadi pada Nanda. Namun sesampainya di tempat psikiater, kedua orang tuanya amat sangat terkejut, tatkala psikater tersebut tidak mau menangani kasus Nanda ini. Mereka malah mengembalikan semua kepada keluarga Nanda.

Orangtualah yang paling tau,” demikian Nanda meniru ucapan psikiatri saat itu, dan mengerti kondisi kejiwaan dirinya.

Pemulihan bagi para penderita Skizofrenia memang tidak sebentar. Prosesnya itu membutuhkan waktu selama enam hingga satu tahun lamanya, agar penderita bisa merespon.

Keluarga dan lingkungan harus senantiasa mendukung,” ungkap Nanda menekankan. Hal tersebut menurutnya agar si penderita benar-benar dapat pulih dengan cepat. “Orang-orang terdekat harus bisa menerima dan tidak mengucilkan!,” tambahnya menegaskan. Keluarga harus dengan penuh kesabaran, melalui pendekatan yang lembut membimbing dan mendorong tercipta semangat untuk sembuh pada si penderia Skizofrenia.

Bukan hanya itu, menurut Nanda, membangun komunikasi antara orang-orang mengidap Skizofrenia, juga sama pentingnya. Hal ini bertujuan agar para Orang Dengan Skizofrenia, atau ODS, mampu menyampaikan apa yang ia pikirkan dengan jelas, dan justeru tidak menahan perasaan mereka.

Sehingga mereka tidak mengalami rasa gelisah,” begitu ujarnya. Bebas dari penyakitnya adalah dambaan setiap ODS, sekali pun pemulihan itu memakan waktu panjang bahkan sampai bertahun-tahun. Yang dibutuhkan hanyalah sikap menerima, terbuka, dan tekad yang kuat untuk sembuh.

Hargai apapun hal positif yang kita punya agar para penderita Skizofrenia dapat dengan percaya diri dalam menjalani hidup mereka.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: