• Tak Berkategori

Parenting With Love: Didik Anak Dengan Cinta Kasih

Written by on Oktober 21, 2016

Sudahkah para orangtua tahu apa yang di maksud dengan Parenting With Love? Semua orangtua pasti mempunyai cara sendiri dalam mengasuh anak mereka. Bentuk penyampaiaan kasih  sayang antara orantua yang satu dan orang tua yang lain juga berbeda. Pada dasarnya semua orangtua akan mengusahakan yang terbaik untuk putra/putri mereka. Lalu apa sebenarnya Parenting With Love?

(Parenting With Love merupakan-Red.) bagaimana kita mendidik anak sesuai dengan cinta kasih itu sendiri,” tutur Morisa Gayatri, seorang psikolog, dalam program #KlinikRPKFM, Senin (10/10).

Masa golden ages pada seorang anak adalah pada saat 5 tahun pertama. Tentang berlakunya fungsi peraturan seperti apa dan penjelasan mengenai peraturan lebih banyak, justru ketika sang anak masih berumur sangat muda. Jika terbalik, saat dewasa meraka diatur-atur sedangkan saat kecil dibiarkan saja hal ini bisa saja bertolak belakang dengan pola pikir si anak,” tegas Morisa. Itulah mengapa saat golden ages, penerapan rules ini baik dilakukan agar saat dewasa sang anak sudah paham dengan sendirinya mana yang baik dan mana yang benar karna sudah dibiasakan sejak sedari kecil.

Pada dasarnya orangtua bebas untuk memberikan aturan-aturan kepada anak-anak mereka. Namun orangtua pun harus ingat seiiring dengan perkembangan anak, sebaiknya orangtua pun memberikan keluasan kepada si anak sesuai dengan tingkat perkembangan anak itu sendiri itulah yang disebut dengan aturan yang sesuai.

Kunci utama dalam mengasuh anak yang terpenting adalah komunikasi. Jalinlah komunikasi dengan anak-anak kita sendiri. Sesibuk apapun kita, sebaiknya lungkan sedikit waktu yang ada untuk memberikan perhatian yang ekstra kepada anak-anak kita. Karna dengan  adanya komunkasi hubungan antara orangtua dan juga anak akan semakin kuat.

Dengan berkomunikasi juga dapat membangun kedekatan antara si anak dan orangtuanya. Jika komunikasi itu dapat tercipta dengan baik nantinya akan terjadi hubungan yang harmonis antara anak dan orangtua. Orangtua mengerti apa yang anak inginkan dan anakpun dapat memahami apa yang orangtua inginkan.

Cinta orang tua kepada anaknya memang tidak ada batasnya. “Unconditional Love. Bagaimana kita bisa mencinti anak-anak kita sesuai dengan apa adanya mereka, karna mereka itu sangat bervariasi,” pungkas Morisa.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: