• Tak Berkategori

#Riko JakartaSehat- Gizi Seimbang

Written by on Oktober 23, 2016

Untuk mendapatkan kualitas   sumber daya manusia (SDM) yang bermutu tentu saja harus di siapkan sedari dini.  Caranya  adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat biasanya kita kenal dengan  makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Jika, kita  sudah menerapkan pola makanan  yang  seimbang bukan tidak mungkin kita telah menjalankan hidup yang sehat

Berbicara mengenai pola hidup yang sehat tentu saja tak terlepas dari masalah gizi yang kita dapat dari hasil mengkonsumsi makanan yang kita makan sehari-hari. Namun,apakah  gizi yang kita dapat sudah seimbang? Dan apakah gizi  seimbang itu?

Menurut Dr. Pratama.K. Dewi dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan jika “Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik,prilaku hidup bersih , dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahan berat normal untuk mencegah masalah gizi

Dengan gizi seimbang diharapkan dapat terhindar dari  berbagai masalah  gizi seperti Malnutrisi. Malnutrisi itu sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan gizi yang dialami seseorang, dan biasanya menyerang   para anak-anak yang  tidak mempunyai cukup  makanan untuk di konsumsi.

Untuk mengetahui status gizi kita sudah  mencapai batas normal atau belum kita dapat menghitungnya sendiri dengan cara berat badan (kg) di bagi dengan tinggi badan(M) kuadrat . jika sudah didapatkan hasil dari pengukuran tersebut dan didapatkan hasil  18.5-25  itu berarti status gizi kita masih ditahap yang  normal.

Banyaknya aktivitas yang kita lakukan tentu saja sangat berpengaruh terhadap jumlah porsi makanan yang kita konsumsi  sehari-hari. Itulah mengapa menerapkan pola makan yang seimbang  dan juga gizi  yang seimbang sangat amat di perlukan agar kita memiliki badan yang  sehat.

Dan jangan lupa juga ada empat pilar yang harus dijalankan agar tercipta hidup sehat yaitu, berolahraga setiap hari, menerapkan prilaku hidup bersih, memperhatikan pola mavan dan jangan lupa selalu mengontrol berat badan kita secara berkala.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: