• Uncategorized

Rahasia Pulih Skizofrenia

Written by on 25 October 2016

Berbagai usaha untuk kembali pulih dan sehat sudah Nanda jalani. Namun ada waktu dimana keinginan dan kemauaan tumpul, dan tidak lagi ingin melakukan apapun. Normalnya, seseorang yang mempunyai rencana setelah terbuka matanya. Namun tidak untuk Nanda saat itu. Ia merasa tidak memilik gairah dan semangat untuk melakukan sesuatu. Menurut Nanda ini adalah kondisi yang sering dialami para pengidap Skizofrenia, yang tentu saja sangat tidak baik bagi mereka yang menghadapinya. Kurang lebih selama 2 tahun lamanya Nanda tidak memiliki motivasi untuk melakukan aktivitas. Sampai pada akhirnya orangtuanya memutuskan untuk membawanya ke psikater.
Namun, amat sangat mengejutkan tatkala psikiater tidak mau menangani Nanda karena menurut psikiater tersebut justeru orang tualah yang paling tahu dan mengerti kondisi kejiwaan Nanda. Dengan kesabaran, keluarga mendampingi pemulihan penderita Skizofrenia yang sungguh memakan waktu relatif panjang. Butuh waktu sekitar 6 sampai satu tahun lamanya bagi penderita untuk bisa merespon. Nanda menegaskan bahwa keluarga dan lingkungan harus senantiasa mendukung agar dapat pulih. Orang-orang terdekat harus menerima dan tidak mengucilkan, sambil dengan sabar membimbang dan mendorong, untuk agar memunculkan semangat untuk sembuh pada si penderia Skizofrenia.

Bukan hanya itu, membangun komunikasi antara si penderita Skizofrenia juga sama penting. tujuannya agar para Orang dengan Skizofrenia atau ODS, mampu menyampaikan apa yang ia pikirkan dengan jelas dan ia tidak menahan perasaan mereka sehingga mereka tidak mengalami rasa gelisah. Bebas dari suatu penyakit adalah dambaan setiap ODS(Orang dengan Skizofrenia), tetapi lagi-lagi nanda menegaskan bahwa pemulihan dapat memakan waktu yang panjang bahkan sampai bertahun-tahun. Yang dibutuhkan hanyalah sikap menerima, terbuka, dan tekad yang kuat untuk sembuh. Hargai apapun hal positif yang kita punya agar para penderita Skizofrenia dapat dengan percaya diri dalam menjali hidup mereka.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL