• Tak Berkategori

Mengenal Penyakit Diabetes

Written by on November 11, 2016

Diabetes Melitus atau yang dikenal di Indonesia sebagai penyakit kencing manis adalah kumpulan gejala yang timbul akibat adanya peningkatan kadar gula darah, akibat kekurangan insulin baik absolute maupun relative. Diabetes Melitus mempunyai 2 type Diabetes type satu dan Diabetes type dua. 

Diabetes Type I adalah kondisi dimana organ pankreas (yang memproduksi insulin) sudah tidak mampu untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Dalam hal ini menyebabkan gula dalam darah seseorang tinggi. Kondisi ini dinamakan diabetes yang tergantung pada insulin, yang biasanya bersifat keterunan. Yang menyebabkan gula dalam darah tinggi adalah makanan yang berkarbohidrat yaitu nasi, mie, bihun, kwetiau, gula pasir, madu dan gandum.

Diabetes Type II adalah kondisi hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya terhadap gula darah. Diabetes Type II ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kaya akan gula sederhana berglycemic-index tinggi dan kurang olahraga. Diabetes Type II ini lebih populer karena tercatat kurang 80% dari seluruh kasus diabetes.

Penyakit Diabtes ini harus dicegah sedini mungkin karena diabetes merupakan salah satu pembunuh terbesar manusia modern yang pada saat ini mau yang serba instant. Karena diabetes akan berujung pada komplikasi yang berujung pada :

·         Kerusakan pada mata dan hilangnya penglihatan

·         Jantung Koroner

·         Terhambatnya aliran darah pada organ lengan/kaki yang berakhir pada amputasi

 

Para ilmuan dunia berusaha mencari solusi untuk mencegah masalah ini, dengan berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka ini adalah rekomendasi untuk mencegah penyakit diabetes sedini mungkin :

·         Kurangi konsumsi gula yang berglycemic index tinggi. s nasi putih, kentang, mie, bihun, kwetiau, snack, kue, biskuit dan minuman yang memiliki gula pasir seperti softfrink, sirop, jus buah, dll.

·         Perbanyak makanan yang berserat tinggi seperti sayur-sayuran, biji-bijian (gandum, oats, wheat) dan buah.

·         Olahraga yang teratur terutama latihan beban seluruh tubuh

·         Makan tepat waktu

·         Hindari untuk mengurangi frekuensi makan

 

Sumber : https://herbaarea.wordpress.com/category/artikel-diabetes/


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: