• Tak Berkategori

YLKI : Sudahkan anda makan buah hari ini?

Written by on November 14, 2016

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki kekayaan tanah yang subur dan memiliki buah-buahan lokal yang kaya akan vitamin dan gizi. Buah itu merupakan bagian terpenting untuk menyokong kesehatan tubuh kita, karena di dalam buah terdapat banyak nutrisi maupun vitamin. Bahkan vitamin yang ada di dalam buah sifatnya alami daripada kita mengkonsumsi suplemen vitamin atau yang lainnya. Selain kaya akan vitamin dan nutrisi, buah juga mengandung kaya akan serat dan mineral yang dapat menyehatkan tubuh kita. Sangat disayangkan, di Indonesia untuk mengkonsumsi buah itu masih sangat minim berbeda dengan negara lain yang di tempatnya minim akan tumbuhan dan pohon dari buah, tetapi untuk konsumsi buahnya negara lain lebih tinggi daripada negara kita.

Sahabat RPK, di Indonesia memang sangat minim untuk mengkonsumsi buah-buahan, padahal negara kita memiliki buah lokal yang sangat lezat tetapi masih sedikit masyarakat untuk mengkonsumsinya.

“Sangat disayangkan, menurut data dari pertanian, konsumsi buah masyarakat Indonesia ini sendiri pada tahun 2013 hanya 32,67 kg per kapita/tahun, padahal menurut WHO itu adalah 146 kg per kapita/tahun” Ujar Eva Rosinta “Padahal di Indonesia mempunyai tanah yang subur, buah”an banyak tetapi kenapa hanya konsumsinya sedikit yang mengkonsumsi buah” tambah Eva Rosinta di studio RPK FM 96.30 Jakarta.

Menurut organisasi WHO (World Health Organization), kekurangan buah dan sayur itu menyebabkan penyakit jantung iskemik sebesar 31% dan 11% dapat menyebabkan struk. Sebenarnya zat-zat yang terkandung dalam buah dapat menurunkan penyakit diabetes, jantung koroner, dan lainnya. Lebih baik jika kita mengkonsumsi buah lebih dari 1, jangan hanya mengkonsumsi satu jenis buah.

Sahabat RPK, masyarakat kita yang masih kurang untuk mengkonsumsi buah mungkin mereka tidak tahu akan manfaat dari buah itu sendiri atau mereka malas untuk mengupas kulit buah tersebut. Mungkin faktor tersebut yang membuat masyarakat di Indonesia minim untuk mengkonsumsi buah karena masyarakat kita ingin yang serba instant.

Menurut RisKesDas (Riset Kesehatan Daerah), konsumsi buah di negara kita sangat kurang, bahkan sampai 90%. Sangat disayangkan indonesia dengan lahan yang luas dengan iklim yang lain buah yang beraneka ragam tapi konsumsinya sangat rendah sekali. . Ini juga ada data dari RisKesDas 2013, penduduk dengan usia 10 tahun itu mengkonsumsi penyedap lebih dari 1 kali sebanyak 77,33%, makanan manis 53%, makanan berlemak 40%, makanan asin 26%. sangat disayangkan anak” remaja, anak” usia sekolah dikantin, pinggir jalan kebanyakan yang dijual bukan buah”an melainkan isinya hanya tepung” saja dan minyak yang berlebih.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan buah lokalnya seperti alpukat, belimbing dan mangga. Manfaat dari buah alpukat adalah setengah buahnya mengandung 57 mikrogramfolat, 548 mikrogram kalium, tinggi fosfor, dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berguna menurunkan kadar kolesterol jahat dan menstabilkan darah. Manfaat buah belimbing adalah tinggi akan vitamin  c, serat dan betakarotin yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat buah mangga juga tinggi akan vitamin c, zat besi yang sangat baik untuk wanita yang sering anemia dan bahkan vitamin c yang ada di buah mangga lebih tinggi dari jeruk.

Ketersediaan buah lokal di Indonesia masih tinggi jika lihat data dari pertanian tetapi lahan”nya menipis. Ketersediaan buah khususnya di DKI di pasar” tradisional sangat banyak apalagi dki punya pasar jaya dan di swalayan” juga sudah tersedia dan sangat mudah menjangkaunya. Sekarang bagaimana dari masyarakat di Indonesia yang tinggal menikmati buah lokal yang sudah tersedia, baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Dengan mengkonsumsi buah dalam 1 hari terdiri dari 5 porsi yang 1 porsi terdiri dari 100 gram akan membuat menjaga dan menyeimbangkan kesehatan kita. Makanlah buah hari ini, tetap sehat tetap semangat!

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: