• Tak Berkategori

#JakartaSehat: Ayo, ke Posbindu!

Written by on November 15, 2016

Angka kejadian penyakit tidak menular di Indonesia, termasuk Jakarta, semakin tinggi. Padahal, sangat bisa dicegah dengan rutin melakukan cek kesehatan. Tinggal datang saja ke pos pembinaan terpadu atau Posbindu.

dr. Agung Prasetyo dari Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Seksi Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan saat ini pihaknya semakin gencar menggerakkan warga Jakarta untuk mengunjungi dan melakukan cek kesehatan rutin di Posbindu.

“Bahkan kami sedang rancang saat ini adalah mendirikan Posbindu di lingkungan perkantoran. Jadi pas jam istrahat atau sebelum makan siang, pekerja kantoran bisa sempatkan cek kesehatan terlebih dulu di sana,” kata dr. Agung saat berbincang di Program Khusus Jakarta Sehat di 96,3 RPK FM Jakarta, Selasa, 15 November 2016.

Agung menyatakan pihaknya ingin menyasar kalangan muda di perkantoran yang sempat melakukan cek kesehatan rutin di sela-sela tugas kantornya. “Di Posbindu bisa periksa kesehatan dengan sederhana saja, seperti cek gula darah, kolesterol, dan mengukur lingkar perut,” jelas Agung perihal materi pemeriksaan di Posbindu.

Agung menjelaskan saat ini sudah tersebar sekitar 502 Posbindu di berbagai wilayah Jakarta. “Para ibu rumah tangga dan pensiunan lumayan antusias hadir di posbindu. Respon bagus. Tidak seperti kalangan muda,” kata Agung.

Meski demikian, saran Agung, kalangan muda harus tetap menyempatkan diri melakukan aktifitas fisik di saat tak punya waktu melakukan cek kesehatan rutin. (Rik)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: