• Tak Berkategori

Sekali Lagi di Jakarta, Anak Terlantar Dipelihara Negara

Written by on November 16, 2016

Salah satu tujuan didirikan sebuah negara adalah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satunya tercantum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 34 ayat 1 menyebutkan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Pemerintah DKI Jakarta sebagai bentuk keberadaan negara di kota metropolitan ini sekali lagi mengamalkan amanat mulia tersebut. 

Berawal dari postingan di Facebook, seorang pemulung cilik berusia sepuluh tahun yang terlantar di jalan akhirnyawhatsapp-image-2016-11-16-at-07-03-31 dirawat di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1, Jakarta Timur. Kepala Seksi Sosial Kecamatan Cakung, Zubaedah mengatakan pada Rabu (16/11), anak yang bernama M. Nurseha atau biasa dipanggil Otong, sebelum menjadi pemulung, ia tinggal bersama orang tuanya. Namun setelah itu ia tinggal di sebuah gubuk di Penggilingan Cakung, Jakarta Timur.

Tim dari Yayasan Balarenik Cakung berinisiatif menelusuri lokasi memulung dan tempat tinggalnya. Akhirnya ditemukan di salah satu rumah pemulung. Anak ini sudah 1 bulan tinggal di rumah ibu Yuli, setelah kabur dari orang tuanya,” tandas Zubaedah.

whatsapp-image-2016-11-16-at-07-03-05Kemudian, menurut Zubaedah, Tim Yayasan Bala Renik Cakung, Seksi Sosial Kecamatan Cakung, dan Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Timur bersama-sama menelusuri keberadaan orang tuanya.

Orang tuanya berhasil kami temukan. Setelah berbicara dengan ayahnya, akhirnya disepakati agar si Otong dirawat di PSAA Putra Utama 1,” ujar Zubaedah.

Di kediaman orang tuanya, diketahui juga kalau ibu dari si otong telah meninggal karena sakit jantung. Sehingga ayahnya menikah lagi dengan orang lain.

Otong ini anak terakhir dari 4 bersaudara. Setelah ibunya meninggal, dia tinggal di rumah neneknya. Namun neneknya pun meninggal. Sehingga ia hidup sebatang kara,” terang Zubaedah.

Otong pun akhirnya berusaha menghidupi dirinya sendiri dengan menjadi pemulung. Ketika menjadi pemulung, ternyata ada yang mau mengurus Otong. Ibu Yuli telah mengurus Otong selama 3 minggu.

Sekerang Otong sudah berada di PSAA Putra Utama 1 milik Dinas Sosial DKI Jakarta. Otong akan dijamin kebutuhan dasarnya seperti makanan, pakaian, dan pendidikannya. Semoga Otong punya masa depan yang cerah,” imbuh Zubaedah. |dinsosdki


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: