• Tak Berkategori

Terapkan Pola Hidup Sehat Dalam Liburan Anda

Written by on Desember 19, 2016

Pada dasarnya, liburan memang merupakan masa untuk bersantai, beristirahat dari rutinitas, bahkan untuk bersenang-senang. Namun, bukan berarti memaklumi diri kita untuk “bebas.” Bebas, maksudnya, lepas dari pola hidup yang sehat. Liburan tetap harus diseimbangkan dengan pola hidup sehat. Pola makan, pola kegiatan, bahkan pola istirahat kita harus tetap teratur.

Pola makan kita harus tetap terjaga, bahkan saat liburan. Kebanyakan orang beranggapan, “liburan, tambah gemuk deh.” “Tidak, liburan tuh tidak selalu berarti tambah gemuk. Kalau persepsi kita seperti itu, kita berarti menyalahkan makanannya. Padahal, makanan kan berkat. Mindset kita lah yang harus diperbaiki,” ujar Morissa Gayatri menanggapi pernyataan tersebut.

Menurut Morissa, ada dua faktor yang menjadi penyebab kebutuhan kita terhadap makanan. Faktor pertama, yang disebabkan oleh rasa lapar dari dalam diri, disebut sebagai faktor internal. Kemudian, faktor eksternal, yaitu yang disebabkan oleh hawa nafsu atau keinginan semata, akibat sebuah iklan makanan misalnya. Oleh sebab itu, kita haruslah bijak menentukan kebutuhan tubuh kita sendiri.

Begitu pula dengan pola kegiatan. “Jangan jadikan liburan identik dengan kemalasan, kita harus tetap bergerak,” tutur Morissa. “Bergerak, ya sederhana saja sebetulnya, tetap rutin melakukan stretching di pagi hari misalnya,” jelasnya. Namun, terlalu banyak kegiatan pun kurang baik, karena akan menyebabkan kita drop akibat kelelahan setelah liburan, sehingga bukannya merasa refresh, kita malah sakit.

Pola istirahat pun harus tetap dijaga. Jangan menganggap sepele pola istirahat, karena nyatanya pola istirahat berpengaruh besar bagi emosi seseorang. “Oleh sebab itu, jangan karena libur, lantas begitu saja tidur terlalu larut, dan bangun terlalu siang. Jadwal tidur kita harus tetap diperhatikan,” ucap Morissa.

Nah, penting kan bagi kita untuk tetap menjaga pola hidup sehat, bahkan saat liburan? Dengan pola hidup sehat, percayalah liburan anda justru akan semakin terasa menyenangkan. Sehat jasmani, dan rohani, serta perasaan sukacita akan membuat anda dapat semakin menikmati waktu liburan, bahkan pada waktu setelahnya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: