• Tak Berkategori

Rokok Ancam Indonesia

Written by on Mei 24, 2017

Tanggal 31 Mei adalah hari tanpa tembakau sedunia. Gerakan ini menyerukan para perokok untuk mau berenti dari merokok. Kebiasaan merokok dan dampak bagi kesehatan menjadi alasan untuk menyerukan gerakan ini. Berbagai aktivis kesehatan, organisasi kesehatan, bahkan pemerintah turut berpartisipasi dalam pengendalian tembakau.

Usia memulai kebiasaan merokok di Indonesia relatif tergolong muda. Survei Global Youth Tobacco 2006menemukan bahwa di antara siswa usia 13-15 tahun, 24 persen laki-laki dan 4 persen perempuan mempunyai kebiasaan merokok.Di antara mereka yang pernah mencoba merokok, sekitar 1 dari 3 laki-laki dan 1 dari 4 perempuan mencoba merokok untuk pertama kalinyasebelum berusia 10 tahun(WHO, 2009). Kaum muda yang memulai merokok dapat menjadi kebiasaan seumur hidup tanpa pemahaman tentang akibat kebiasaan itu pada kesehatanya.

Sekarang ini dari hasil data data BPJS itu  semakin banyak penyakit  tidak menular yang kronis,” demikian ungkap Dr. Sumarjati Arjoso, SKM Ketua Tobacco Control Support Center – Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau TSC-IAKMI. “Seperti kanker, gangguan jantung dan ginjal, jantung dan paru paru,” demikian lanjutnya. Hal itu semua menurutnya diakibatkan karena yang bersangkutan merokok, atau ada orang sekelilingnya yang perokok, “Atau biasa disebut sebagai perokok pasif,’’ paparnya lagi.

Regulasi tentang iklan rokok di dalam media maupun di lingkungan umum sudah gencar dilakukan untuk mengurangi tingkat perokok di Indonesia. Pasalnya, anak muda yang melihat iklan di rokok, mulai berfikir untuk mencoba dan mengarah ke perokok aktif. “Dampak rokok bukan hanya bagi kesehatan,” lagi Sumarjati mengungkapkan. “Tetapi merambah luas ke aspek lain seperti, ekonomi, sosial bahkan pendidikan,” paparnya menambahkan. Dan hal ini benar-benar mengancam generasi penerus bagi bangsa ini.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: