• Tak Berkategori

UKP-PIP untuk Perkuat Nilai-nilai Pancasila di Masyarakat

Written by on Juni 7, 2017

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melantikan Dewan Pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila atau UKP-PIP di Istana Negara, Jakarta, pada hari Rabu tanggal 7 Juni 2017 yang lalu. Tokoh muda Yudi Latif mendapat kepercayaan Presiden Jokowi sebagai Kepala UKP-PIP, yang akan di bawah pengarahan 9 orang anggota Dewan Pengarah.

Presiden Jokowi mengharapkan UKP-PIP melibatkan dan sekaligus merangkul semua elemen dalam program penghayatan dan pengamalan nilai Pancasila. Ia menyatakan bahwa Indonesia di masa mendatang harus menjadi sebagai sebuah negara yang berjalan berdasarkan keterlibaan semua pemikiran yang datang dari semua elemen bangsa, termasuk elemen-elemen yang mengkritisi pembentukan UKP-PIP.

Sementara itu selaku Ketua UKP-PIP, Latif memastikan bahwa UKP-PIP sebagai lembaga yang berbeda dengan lembaga yang pernah ada di zaman rezim Orde Baru. UKP-PIP bertugas untuk semakin memperkuat nilai-nilai Pancasila di masyarakat, dengan kewenangan terbatas. Yaitu lebih pada fungsi koordinasi dan pengendalian serta pembenahan pengajaran Pancasila di wilayah penyelenggara pendidikan.

“UKP-PIP sebagai institusi negara hanya fasilitator,” demikian Latif menegaskan. “Sementara, kunci sukses pembinaan ideologi Pancasila ini tetap ada di masyarakat,” lanjutnya lagi menjelaskan. Dan inilah para Dewan Pengarah UKP-PIP : Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Sa’id Aqil, Ma’ruf Amin, Mahfud MD, Andreas Annangguru Yewangoe, Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: