• Tak Berkategori

Program Residensi Penulis Matangkan Penulis Indonesia di Tingkat Dunia

Written by on Juni 13, 2017

Setelah berhasil memperkenalkan penulis-penulis Indonesia ke kancah dunia, melalui Progran Residensi Penulis pada tahun 2016 yang lalu, Komite Buku Nasional atau KBN, bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali menyelenggarakan hal yang sama pada tahun 2017 ini dengan kembali memberangkatkan para penulis yang terpilih untuk menuntaskan karya penulisannya.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemendikbud RI, Ir. Suharti, M.A., Ph.D. mengharapkan bahwa melalui program para penulis, selain melahirkan karya tulisnya, “Juga menjadi duta bagi dunia intelektual Indonesia,” demikian Suharti. Pihaknya berharap para penulis yang ditempatkan di negara-negara yang mereka pilih itu, berani bicara dalam forum-forum diskusi di negara tujuan masing-masing, agar dapat mematangkan pergaulan di dunia internasional, “Dan dapat menunjukan kualitas karakter bangsa kita yang sebenarnya,” demikian tambah Suharti.

Pendanaan Program Residensi Penulis ini berasal dari Program Bea Siswa Unggulan Kemendikbud RI tahun 2017. Dan pada tahun ini, Program Residensi Penulis 2017 memberangkatkan 21 orang penulis ke 13 negara, sesuai dengan pilihan masing-masing, di mana Australia, Belanda, dan Inggeris menjadi negara pilihan terbanyak dari antara mereka. Lamanya masing-masing penulis berada di negara pilihannya itu beragam. Dari satu bulan hingga tiga bulan lamanya.

Program yang dikelola oleh Literay Funding Program KBN ini memang bertujuan untuk upaya memperluas jejaring, “Dan promosi karya penulis Indonesia di tingkat dunia,” demikian Koordinator Literay Funding Program KBN, Dewi Noviami. Dewi juga mengatakan program ini juga mendorong para penulis Indonesia untuk melakukan pengenalan dan pertemuan dengan penerjemah untuk karya mereka. “Selain untuk melakukan riset dan penyelesaian karya,” tambahnya kemudian.

KBN sendeiri adalah sebuah lembaga yang terbentuk menyusul keberhasilan Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam ajang Frankfurt Book Fair 2015. KBN saat ini terfokus pada promosi literasi Indonesia di panggung internasional melalui penerjemahan karya, pameran buku, festival, dan program residensi penulis. Dan dukungan penuh Kemendikbud RI menciptakan kolaborasi pemerintah dan publik yang kreatif.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: