• Tak Berkategori

Ketika Stres dan Makan Bersua

Written by on Juni 29, 2017

Apa yang Anda lakukan kala stres, sedih, bosan, atau saat kesepian melanda? Yes, makan. Tidak sedikit memang yang pelarian dari stres dengan menguyah berbagai makanan. Tapi, awas, bukannya malah mengatasi persoalan, tapi makanan yang Anda konsumsi bahkan dengan porsi yang berlebihan justru akan menimbulkan masalah baru dan memperparah kondisi stres Anda.

Perhatikanlah beberapa hal berikut ini apabila Anda tak mau bergulat di lingkaran setan stres dan makanan yang juga akan mengganggu gaya hidup sehat.

Sheri Iodice, RD, LDN, pakar nutrisi dari University of Massachusetts, Amherst menyarankan agar tetaplah mencoba mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan kalau toh memang menurut Anda dengan makan menjadi solusi bagi keadaan Anda. “Jenis makanan ini akan membantu Anda melewati masa tegang ini. Anda mungkin memang akan makan dan makan lagi, tapi setidaknya makanan Anda akan lebih bergizi,” jelas Sheri seperti dikutip dari Everyday Health.

Sayuran mentah, tambah Sheri, boleh menjadi pilihan pertama karena berkalori rendah. Tentu, kalau sudah bicara kalori rendah, Anda akan bisa makan dengan jumlah yang tidak terbatas tanpa khawatir bertambah berat badan secara berlebihan.

“Jika Anda mendambakan sesuatu yang manis, carilah buah. Ini menyegarkan dan memberikan dorongan energi,” saran Sheri. Masuk akal.

Setelah stres Anda mereda seperti yang Anda harapkan, sekarang tambahkan 8 kebiasaan yang terbukti sangat bagus ini ke dalam rutinitas sehari-hari Anda dan Anda akan keluar dari persoalan stres Anda.

1) Konsumsilah makanan seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat, seperti Diet Mediterania.

2) Jangan melewatkan cemilan sehingga Anda tidak makan berlebihan.

3) Minum air putih sepanjang hari.

4) Bawa cemilan sehat dengan Anda dan tetap berenergi di siang hari.

5) Upayakan selama 7 sampai 9 jam tidur setiap malam.

6) Kembangkan sistem pendukung dari keluarga dan teman.

7) Batasi asupan alkohol dan kafein.

8) Tenangkan pikiran dan tubuh Anda dengan meditasi, pernapasan dalam, atau dengan teknik pengurangan stres lainnya.

Kiat bonus: Lakukan olahraga secara teratur. Studi telah menunjukkan bahwa semua jenis olahraga, dari aktivitas energi tinggi hingga yoga dapat membantu mengurangi stres. Latihan melepaskan endorfin ke dalam tubuh yang melawan stres dan bertindak sebagai antidepresan alami. Temukan aktivitas olahraga yang Anda sukai.

Stres terus meningkat bagi banyak orang Amerika, dan lebih dari separuh dari mereka tidak merasa mendapat dukungan yang dibutuhkan untuk mengatasinya. Mulai berlatih kebiasaan ini sekarang dan Anda akan merasa lebih siap menghadapi stres ketika berada pada masa-masa sulit. Membuat pilihan yang lebih sehat saat ini dapat memberi ketahanan, fokus, dan stamina yang Anda perlukan pada masa krisis. (Rik)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: