• Tak Berkategori

Beraktifitas sebagai Terapi untuk Orang Dengan Skizofrenia

Written by on Juli 6, 2017

Beraktifitas seperti pada umumnya orang terbukti sangat efektif sebagai terapi bagi penyembuhan skizofrenia. Ayo, teman-teman skizofren, beraktifitaslah.

Aktivis Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia Adi Prasetyo mengatakan sebagian orang yang mengalami persoalan kesehatan cenderung larut dalam sikap apatis, egois, bahkan frustrasi. Demikian jugalah yang dialami orang dengan skizofrenia atau ODS. “Cenderung membatasi diri, terutama pada hal-hal baru. Suka mempertanyakan manfaat dari ajakan beraktifitas,” sesal Adi.

Menurut Adi, para ODS harus mulai mendobrak segala bentuk upaya limitasi pada pergerakan ODS. “Sangat banyak manfaatnya dari sesi sosial dan juga psikologi ODS. Lakukan saja aktifitas apapun. Tidak melulu berolahraga,” tambah Adi.

Adi mengajak para ODS menyempatkan diri beraktifitas di ruang-ruang publik. Belajar melihat orang dan pemandangan baru. “Percaya, itu akan memberikan suasana yang menyenangkan dan menyegarkan,” kata Adi dalam Program Klinik RPK FM edisi Kamis, 6 Juli 2017.

Sementara itu, psikolog Marina Siregar mengatakan ODS tetap harus mengukur kemampuan diri ketika melakukan aktifitas. “Jangan langsung lakukan dengan porsi besar. Lakukan secara bertahap saja dimulai dari beban-beban yang ringan,” kata Marina.

Menurut Marina, pilihan waktu yang paling tepat untuk beraktifitas bagi ODS adalah pada pagi dan sore hari. “Mulai dengan beres-beres kamar dan tempat tidur, misalnya. Jalan kaki. Lalu pada sore hari bersosialisasi dengan orang-orang sekitar yang juga sedang rileks seusai bekerja seharian,” tutur Marina.

Kata Marina, aktifitas sosial akan menjadi ajang bagi ODS punya kesempatan menyalurkan pendapat dan ide. “Dari sana akan muncul pemahaman baru bahwa ODS tersebut ternyata diterima di lingkungannya,” sambung Marina.

Namun, lebih dari itu, Marina tetap menekankan pola tidur atau istrahat yang cukup untuk ODS di sela-sela beraktifitas. “Ukur kemampuan diri,” tegasnya lagi. (Rik)

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: