Bahayanya Olahraga Berat

Written by on Agustus 16, 2017

Untuk mendapatkan badan yang sehat banyak orang melakukan olahraga. Banyak orang melakukan berbagai jenis olahraga, frekuensi, dan itensitas yang berbeda-beda. Dengan olahraga, tubuh akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun ternyata olahraga dengan intensitas yang berat juga dapat menimbulkan hal buruk bagi kesehatan. Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO olahraga berlebihan dapat menyebabkan varises.

Varises adalah pelebaran dan pembesaran pembuluh darah balik (vena) yang biasanya terjadi pada bagian kaki. “Pembuluh darah yang ke daerah sana (kaki) harus terjamin dan cukup suplainya. Karena kalau kita olahraga berarti melatih otot-otot kita kita untuk melakukan yang kita perintahkan,” ujar dr Michael saat dihubungi¬†detikHealth, Senin (24/7/2017).

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP, MD menjelaskan bahwa aktivitas yang berat dapat meningkatkan suplai darah ke pembuluh darah vena. Sedangkan varises diakibatkan oleh inkompetensi vena itu sendiri.

Agar tidak mengalami varises, dr Isman menganjurkan untuk mengimbanginya dengan jenis olahraga yang lebih ringan seperti aerobik atau jogging. “Harus makan sehat, hidup sehat, hindari mengejan, merokok dan alkohol,” pungkasnya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: