Dahsyatnya Membaca

Written by on Agustus 16, 2017

Membaca merupakan salah satu cara untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Tetapi sering kali banyak orang – orang yang malas membaca buku karena alasan tertentu. Padahal ada banyak manfaat yang bisa di dapat dari membaca buku bukan hanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan saja. Berikut ini ada beberapa manfaat dari membaca buku seperti dikutip dari Prevention.

  1. Melatih Otak

Bayangkan apabila anda membaca buku The Davinci Code, praktis anda akan merasa seperti tokoh yang ada di dalam buku tersebut. Nah membaca merangsang daerah neurologis di otak sehingga membuat anda berpikir seolah – olah berada di tempat tersebut.

  1. Memahami satu sama lain

Peneliti menemukan bahwa membaca dapat memperluas empati dan meningkatkan kemampuan sosial. Artinya, memberikan kesempatan unik untuk menenggelamkan diri sepenuhnya pada pemikiran dan perasaan orang.

  1. Memberi kebahagiaan

Uang bukanlah satu – satunya sumber kebahagian dari manusia. Menurut sebuah studi di Texas Utara menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua dan menghabiskan waktu untuk membaca dan belajar ternyata jauh lebih puas terhadap kehidupan mereka.

  1. Mengurangi stres

Periset di University of Sussex menemukan bahwa membaca terbukti mengurangi stres sebanyak 68 persen, mengalahkan mendengarkan musik, berjalan-jalan, dan minum secangkir teh. jadi daripada anda menghabiskan tenaga untuk jalan – jalan sebaiknya anda membaca buku saja karena dapat mengurasi ketegangan otot.

  1. Meremajakan otak

Studi lain baru-baru ini menemukan bahwa manula yang secara teratur membaca atau barmain game yang menentang daya pikir seperti catur atau puzzle, memiliki risiko 2,5 kali lebih rendah untuk terserang penyakit Alzheimer.

  1. Membuka Pikiran

Membaca juga bisa menjadi sarana untuk menambah pengetahuan. Andapun akan memiliki pikiran yang menjadi lebih terbuka soal hal – hal atau segala kejadian yang ada disekitar anda.

Itulah tadi beberapa manfaat lain dari membaca. Sebaiknya mulai sekarang ajarkan dan budayakanlah kebiasaan membaca kepada anak – anak anda agar membaca bisa menjadi kebiasaan bagi mereka kedepannya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: