Tubuh Manusia, Masih Butuhkah Air Putih?

Written by on Agustus 16, 2017

Kebutuhan akan air putih di dalam tubuh kita sangat banyak, terbukti dari data yang ada bahwa 70% tubuh manusia terdiri dari air sehingga membuat manusia sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya.

Manfaat air putih memang paling baik dan tidak bisa digantikan dengan cairan manapun karena air putih kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Air putih memang menghilangkan rasa dahaga disaat kita merasa kehausan, namun, masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai manfaat air putih untuk tubuh kita, padahal manfaat air putih dalam tubuh kita tidak dapat digantikan oleh cairan apapun. Berikut beberapa manfaat dari air putih yang perlu kita ketahui:

  1. Dehidrasi

Dehidrasi dapat dialami ketika tubuh kekurangan cairan. Minum air putih dapat menghilangkan rasa lemas dikarenakan dehidrasi yang berlebihan.

  1. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Minum air putih dapat mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

  1. Mengontrol kalori dan menurunkan berat badan

Tips ini pasti cocok untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan karena menurut penelitian ada hubungan antara mengonsumsi air putih dengan penurunan berat badan. Cobalah minum segelas air putih ketika merasa lapar karena akan membantu mengurangi rasa lapar sehingga kalori yang dikonsumsi semakin sedikit.

  1. Membantu Mengeluarkan Racun

Manusia berketingat maupun buang air kecil memerlukan bantuan air dan air putih menjadi cairan yang tepat untuk mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh sehingga mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

  1. Menjaga fungsi Ginjal

Kegagalan pada fungsi ginjal dapat disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh. Setiap harinya, ginjal memproes 200 liter darah dalam tubuh manusia, menyaring ulang limbah, dan membawa urin ke kandung kemih. Dalam proses tersebut, ginjal butuh asupan air yang cukup untuk membantu membersihkan sisa-sisa yang tidak dibutuhkan tubuh.

  1. Meningkatkan fungsi Otak

Mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam satu hari dapat meningkatkan fungsi otak karena meningkatkan konsentrasi dan membantu kelancaran sistem saraf pada otak manusia.

Itulah beberapa manfaat air putih bagi tubuh manusia dan perlu diingatkan kembali untuk terus mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya karena masih banyak lagi manfaat dan kebaikan air putih bagi tubuh manusia. Ingat, mau sehat? Minum air putih. (Alvina Eunice Christian)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: