Bahayanya Bekerja di Lingkungan yang Terang

Written by on Agustus 28, 2017

Ternyata tinggal di lingkungan yang terang benderang di kala malam hari bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Menurut penelitian hal ini berlaku bagi perokok dan mantan perokok.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environmental Health Perspectives menyebutkan sebuah fakta, bahwa perempuan yang bekerja pada shift malam hari, ternyata lebih rentan terhadap pengaruh cahaya buatan luar ruangan.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian berpendapat mengenai hal tersebut berdasarkan temuannya pada hipotesis tentang melatonin, yakni salah satu hormon yang mengatur pola tidur. Penurunan kadar melatonin, menurut berbagai penelitian terdahulu, bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Menurut mereka paparan cahaya buatan di malam hari, berpengaruh pada produksi melatonin. Efek yang sama juga ditemukan pada paparan mengenai racun yang ada dalam sebuah rokok.

Kami berteori bahwa kadar melatonin terlibat,” kata salah seorang peneliti, Peter James dari Harvard Medical School, seperti dikutip dari NYdailynews.

Dalam penelitiannya yang mereka lakukan kali ini, para ilmuwan menganalisis data dari 110.000 partisipan dalam Nurse’s Health Study II antara tahun 1989-2013.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: