Waspada Thalasemia pada Pasangan Muda

Written by on Agustus 28, 2017

Bagi pasangan muda yang ingin menikah, kesehatan tubuh perlu mendapatkan perhatian khusus karena pencegahan dini terhadap beberapa penyakit, seperti Thalasemia dapat mengurangi resiko anak Anda terkena penyakit yang serupa.

Thalasemia merupakan sebuah penyakit dimana ada  kelainan darah yang diturunkan yang mana tubuh tidak memproduksi cukup hemoglobin sehingga mengakibatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh sedikit. Hemoglobin adalah protein pembentuk sel darah merah yang berguna untuk mengikat oksigen dan membawanya ke seluruh tubuh. Saat tubuh kekurangan hemoglobin, sel darah merah tidak bisa berfungsi dengan baik dan hanya dapat hidup untuk waktu yang pendek.

Gejala umum thalasemia antara lain mudah lelah, terlihat pucat, warna kulit kekuningan, kelainan bentuk tulang wajah, pertumbuhan yang lambat, pembengkakan perut akibat pembengkakan limpa, dan juga urin yang berwarna gelap. Thalasemia dapat disembuhkan dengan melakukan tranfusi darah secara rutin ataupun dengan transplantasi sumsum tulang belakang.

Apabila gejala diatas tidak terlihat pada kedua pasangan, tetap saja pasangan yang ingin menikah wajib memeriksakan apakah ada gen Thalasemia pada tubuh mereka. Orang tua yang memiliki gen Thalasemia dapat menurunkan penyakit tersebut ke anaknya dengan persentase resiko hingga 50%. Oleh karena itu, sebelum menikah, pasangan wajib memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak ada gen Thalasemia pada masing-masing pasangan agar tidak diturunkan pada anak-anaknya kelak. (Alvina Eunice Christian)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: