9 Jenis Makanan Pemicu Kolesterol Baik

Written by on September 4, 2017

Setiap kali mendengar kata kolesterol pasti sering banyak yang mengartikan dengan sesuatu yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi jantung. Tapi, tahukah anda bahwa kolesterol tidak selamanya buruk bagi tubuh kita. Tubuh Anda justru memerlukan kolesterol HDL (High Density lipoprotein) atau kolesterol baik untuk dapat membersihkan kolesterol LDL (Low Density lipopritein) atau kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Kolesterol sendiri adalah unsur seperti lemak, yang dapat memberi energi pada sel di tubuh agar dapat berfungsi lenih baik. Namun, terlalu banyak asupan lemak tentu saja berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian kolestrol di kategorikan menjadi dua yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Ternyata untuk menghindari kolesterol jahat, beberapa ahli gizi menyarankan daftar makanan yang diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, berikut beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh  seperti yang dilansir dari food.ndtv.com (18/8).

1. Kedelai
Kedelai mengandung rasio protein tinggi, yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit jantung. Isoflavon yang ada di dalam kedelai meningkatkan kadar kolesterol baik 3% setiap saat.

2. Yogurt
Yogurt mengandung kolestrol baik dengan tambahan bakteri yang dapat memperbaiki sistem pencernaan. Yogurt rendah lemak merupakan pilihan yang baik untuk makanan sehari-hari

3. Dark Chocholate
Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 100 gram dark chocolate yang mengandung flavonoid dan antioksidan setiap hari meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 9 persen.

4. Bayam

Bagi orang – orang yang kurang suka mengkonsumsi sayur – sayuran, sebaiknya anda harus membiasakan diri untuk mulai mengkonsumsi sayuran contohnya seperti bayam. Seperti diketahui bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan tubuh dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Konsumsi 1/2 cangkir bayam setiap hari melindungi tubuh dari serangan jantung.

5. Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah lemak nabati yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Minyak yang kaya akan antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

6. Ikan
Seperti kita tahu, bahwa sekarang di Indonesia sedang digiatkan agar semuan orang mau makan ikan. Ternyata ikan mempunyai sesuatu yang baik bagi tubuh kita, contohnya seperti Ikan seperti salmon, makarael, tuna, sarden dan trout kaya akan asam lemak omega-3. Ikan ini dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.

7. Red Wine

Memang kedengarannya agak mengejutkan. Akan tetapi jangan salah menilai Red Wine karena kandungan antioksidan pada red wine dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

8.Telur
Telur yang mengandung banyak lesitin diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh hingga 48 persen hanya dalam 12 minggu.

9. Buah Musiman
Buah dan sayuran rendah akan lemak jenuh dan kaya serat. Buah dan sayuran dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan memberi nutrisi penting lainnya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: