Ini Empat Cara Menjaga Kesehatan Mental

Written by on September 4, 2017

Mental merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh. Sebab, kondisi mental yang tidak sehat bisa menyebabkan tubuh stres dan akhirnya mengganggu aktivitas.

Oleh karena itu setiap orang harus menjaga kesehatan mentalnya, berikut empat cara untuk menjaga kesehatan mental.

  1. Curhat

Dengan curhat, seseorang bisa berbagi suka dan duka. Ini menjadikan manusia lebih sehat mental. Dari curhat, seseorang bisa mendapatkan penguatan emosional, dukungan nyata baik bantuan barang atau materi, serta informasi pada waktu yang diperlukan, sehingga sahabatnya terhindar dari rasa kesepian dan kesendirian.

  1. Lakukan aktivitas fisik

Kondisi mental yang sehat berkaitan dengan kondisi kesehatan fisik yang sehat pula. Penelitian menemukan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Misalnya dengan melakukan olahraga kardio yang tidak hanya membuat tubuh sehat secara fisik namun menjadi cara efektif untuk meningkatkan kebugaran serat kesehatan mental. Selain itu, olahraga kardio juga dapat mencegah kondisi yang berkaitan dengan kehilangan memori akibat usia. Olahraga kardio ini termasuk jogging, berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

  1. Lakukan permainan otak

Selain mengasyikan, permainan otak juga dapat menjaga kesehatan mental. Pasalnya, melakukan permainan otak sama halnya dengan melatih otak untuk berpikir dalam pola logis dan menantang fungsi kognitif. Misalnya saja bermain memecahkan teka-teki yang dapat membuat otak rewire sendiri dan sel otak baru tumbuh.

  1. Istirahat cukup

seseorang harus dapat menyeimbangkan waktu, misalnya waktu antara bekerja dan istrihat. Karena tidur sebenarnya dapat menghindari seseorang dari stres. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, tubuh pun akan terasa fit dalam melakukan pekerjaan dan aktivitas lain.

(Helen)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: