Peduli PRT, ILO akan Luncurkan Video Bertajuk “Hak Kami Sama”

Written by on September 25, 2017

Kepedulian Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) terhadap kehidupan kesejahteraan pekerja rumah tangga (PRT) ditunjukan dengan pembuatan video bertajuk “Hak Kami Sama: Antologi Tujuh Kisah Pekerja Rumah Tangga” yang akan diluncurkan di Jakarta, pada Rabu, 27 September, di Djakarta Theater XXI, Menteng.

Menurut Michiko, Direktur ILO untuk Indonesia, video ini dibuat sebagai kampanye kepedulian untuk meningkatkan kondisi kerja dengan upaya menjangkau para pemberi kerja dan masyarakat luas, selain itu sebagai proses penyadaran dan pandangan untuk masyarakat terhadap PRT, agar hubungan diantara majikan dan PRT dapat terjalin dengan baik dan saling menghormati.

“Peningkatan kesadaran merupakan salah satu aksi penting dalam mengubah pandangan masyarakat mengenai PRT. Diharapkan melalui antologi video pendek ini, masyarakat luas, terutama para majikan, dapat merenungi dan mempertimbangkan kembali hubungan mereka dengan para PRT mereka. ILO percaya pekerjaan layak untuk PRT dimulai dari rumah kita sendiri,” katanya, dalam siaran pers, Senin (25/9/2017).

Kampanye ‘Hak Kita Sama’ ini terdiri dari tujuh video pendek, yang memperlihatkan peran penting para PRT dalam kehidupan masyarakat serta perjuangan, perjalanan dan harapan PRT. Kampanye ini terfokus pada  hak kerja PRT yang kerap terlupakan, di antaranya, hak kerja PRT atas satu hari libur/cuti, memiliki kontrak kerja, terlindungi oleh sistem jaminan kesehatan nasional dan usia minimum untuk bekerja sebagai PRT.

Berdasarkan data Pusat Biro Statistik (BPS), ILO memperkirakan terdapat sekitar 4 juta pekerja rumah tangga di Indonesia; di antaranya sekitar 85 ribu merupakan anak-anak di bawah 18 tahun. Mayoritas dari jumlah itu adalah kelompok pekerja perempuan terbesar yang bekerja di dalam rumah tangga baik di negara mereka sendiri maupun di luar negeri.

 

 

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: