Hari Jantung Sedunia, Kemenkes ajak Masyarakat untuk CERDIK

Written by on September 29, 2017

Peringatan Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September 2017 hari ini, mengingatkan kembali kepada kita semua bahwa jantung tetap menjadi organ yang sangat vital dalam hidup manusia. Ketidakpedulian terhadap organ yang satu ini akan mengakibatkan hal serius terjadi yaitu penyakit yang diikuti dengan kematian.

Faktanya, sampai saat ini penyebab kematian nomor satu di dunia masih diduduki oleh penyakit jantung koroner, dan di Indonesia, penyakit jantung koroner ternyata menempati urutan ketiga. Menurut Zamhir Setiawan, Kepala Subdit Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Kementerian Kesehatan ,masyarakat wajib melakukan langkah aktif menjaga kesehatan, dengan menjalankan slogan CERDIK
Apa itu CERDIK? CERDIK adalah sebuah kampanye kesehatan menjaga jantung yang terus-menerus digaungkan oleh Kementerian Kesehatan. CERDIK adalah singkatan dari, C= Cek kesehatan secara berkala, E= Enyahkan asap rokok, R= Rajin aktivitas fisik, D= Diet sehat dengan kalori seimbang, I= Istirahat cukup, dan K= Kelola stres.

“Mengapa harus CERDIK? Penyakit jantung itu hadir pasti sebelumnya pasien memiliki hipertensi, obesitas, kurangnya aktivitas fisik. Jadi yang perlu dilakukan adalah agar tidak diabetes, obesitas serta hipertensi yakni lewat CERDIK,” ujar Zamhir, dilansir liputan6.com, Jumat (29/9/2017).

Sementara itu, Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Lippo Village Antonia Anna Lukito juga mengingatkan kepada masyarakat untuk take action mencegah penyakit jantung. Dirinya punya langkah mudah untuk melakukan 3M. “Yakni Mari kita mulai dari sekarang, Mulai dari hal kecil, dan Mulai dari diri sendiri,” pesannya.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: