Tidur Berkualitas, Cegah Mimpi Buruk

Written by on Oktober 15, 2017

Tak jarang mimpi buruk yang kita alami didalam tidur membuat kita sering terbayang hingga mengganggu aktivitas karena terlalu banyak memikirkannya. Pertanyaannya, bisakah mimpi buruk dicegah? Tentu saja bisa!

Menurut Rosie Osmun dari Amerisleep, sejatinya mimpi buruk bisa dicegah dengan melakukan good sleep hygiene, yaitu merujuk pada kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Hal pertama yang dilakukan adalah mematikan alat-alat elektronik di dalam kamar, termasuk televisi dan smartphone, untuk menghindari paparan cahaya biru.

“TV, VCR, radio, smartphone dan laptop tidak seharusnya menyala saat Anda ingin tidur. Usahakan kamar tidur dalam keadaan gelap, tenang dan sejuk agar tidur lebih nyenyak,” katanya.

Kedua adalah jam tidur dan jam bangun yang rutin. Mengatur kapan Anda tidur dan kapan Anda bangun penting agar tubuh tersinkronisasi dengan ritme sirkadian, suatu siklus hormon yang mengatur jam tubuh manusia. Jika tubuh berfungsi sesuai dengan ritmenya, maka saat istirahat fungsi pemulihan akan menjadi lebih baik.

“Olahraga rutin, paparan sinar matahari yang cukup hingga relaksasi merupakan cara-cara membuat tubuh lebih tersinkronisasi dengan jam internalnya,” ungkapnya lagi.

Cara ini diamini oleh dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran yang mengatakan bahwa melakukan ritual-ritual demi good sleep hygiene yang baik sudah dibuktikan penelitian mampu mencegah mimpi buruk. Nantinya, jika ritual ini dilakukan setiap hari, niscaya Anda tidak akan mengalami masalah tidur seperti mimpi buruk atau bahkan insomnia.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: