Masa Depan Anak Jakarta Bersama Gubernur Baru

Written by on Oktober 17, 2017

Apapun persoalan yang akan diselesaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di ibukota akan secara tidak langsung berdampak kepada anak-anak. Misalnya, apabila Anies mampu menyelesaikan masalah kemacetan lalu lintas maka akan membuat para orang tua bisa tiba lebih cepat di rumah seusai bekerja. Alhasil, pengasuhan anak pun menjadi lebih banyak dan berkualitas.

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengatakan Jakarta menjadi kota yang tidak ramah anak karena waktu pengasuhan orangtua tidak maksimal. Keadaan ini imbas dari kemacetan lalu lintas Jakarta yang memaksa orang tua menghabiskan waktu lebih lama untuk tiba di rumah sepulang kerja.

Jakarta kota yang agak kurang ramah dengan anak karena orangtua harus mencapai rumah dalam jangka waktu yang lebih lama,” kata Rita.

Menurut Rita, bagaimana mendorong kualitas dan kuantitas pengasuhan anak oleh orang tua menjadi salah satu pekerjaan rumah serius yang harus diperhatikan Anies Baswedan yang berpasangan dengan wakil gubernur Sandiaga Uno. “Ketiadaan pengasuhan anak selama orang tua bekerja menjadi pekerjaan rumah besar,” tambah Rita.

Untuk itu, Rita meminta Anies-Sandi berpikir keras untuk menyelesaikan masalah kemacetan dan transportasi di Jakarta karena bersinggungan dengan hak pendidikan dan kasih sayang kepada anak dari orang tua yang harus terpenuhi. “Bagaimana cara agar orang tua bisa segera sampai di rumah dan pengasuhan anak bisa diambil alih,” papar Rita.

Sementara itu, Rita juga menyoroti angka kasus kekerasan terhadap anak yang cukup tinggi di Jakarta perlu pula diperhatikan Anies-Sandi. Ruang Publik Terpada Ramah Anak (RPTRA) yang sudah ada di sebagian besar wilayah di Jakarta, menurut Rita, belum cukup sebagai sarana menciptakan lingkungan yang melepaskan anak dari kekerasan.

Rita juga mendesak Anies mencabut peraturan yang menyebutkan pencabutan program Kartu Jakarta Pintar bagi anak yang melakukan kesalahan. “Lihat dulu secara keseluruhan. Jangan hak pendidikan anak jadi korban,” kata Rita. (Rikardo)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: