Bus Kota London Gunakan Bahan Bakar dari Ampas Kopi

Written by on 1 December 2017

Kopi membantu membakar semangat jutaan orang untuk bergerak. Sekarang sebuah perusahaan bernama “Bio-Bean” ingin melakukan hal yang sama pada bus di kota London, Inggris. Arthur Kay, pendiri perusahaan itu mengatakan, “Kami mengumpulkan ampas kopi dari seluruh penjuru Inggris, dari ribuan gerai kopi yang beragam, dan kemudian mengubah ampas kopi itu di pabrik kami di Cambridgeshire menjadi bahan bakar bio yang canggih.

Kay mengatakan Inggris memproduksi setengah juta ton ampas kopi per tahun. Sebagian besar dibuang.

Bio-Bean” mendapat ampas kopi dari mana-mana, mulai dari warung kopi hingga pabrik kopi instan. Mereka mengekstrak minyaknya untuk digunakan sebagai campuran untuk biodiesel 20 persen.”

Penggerak ini sebenarnya adalah membuat bahan bakar yang bisa digunakan mesin yang ada. Jadi, yang penting bagi Bio-Bean, apa yang ingin kami lakukan adalah membuat bahan bakar yang bisa berguna pada skala saat ini,” imbuh Kay.

Jaringan bus kota London sebagian menggunakan campuran biodiesel yang terbuat dari minyak goreng dan lemak hewani, untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Kontribusi Bio-Bean masih kecil. Produksi mereka cukup untuk menjalankan satu bus selama satu tahun dengan 20 persen minyak kopi. Ini baru awal, kata Kay.

Jika kami menerima semua ampas kopi di London, ini akan cukup untuk kira-kira sepertiga jaringan bus London menggunakan campuran B20. Jadi, ada kontribusi yang signifikan, tapi itu tidak akan menyelesaikan semuanya,” lanjut Kay.

Kay berharap pada akhirnya bisa memproduksi biodiesel berbasis kopi 100 persen. Dan dia ingin menyebar teknologi ini ke seluruh dunia.

Kopi salah satu minuman paling populer di dunia dan jutaan ton ampas kopi terbuang setiap tahun. Jadi, kami ingin bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk menghemat uang dan yang terpenting mengurangi emisi CO2,” paparnya.

Jadi, warga London dan angkutan yang membawa mereka ke kantor sama-sama memulai hari dengan kopi. [as]


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL