Senegal: Upaya Lions of Teranga Melebihi Sukses 2002

Written by on Desember 5, 2017

Ada apa di tahun 2002 dengan Senegal? Ya, tim sepakbola nasional Senegal berhasil mencatat debutan terbaik dengan mencapai perempat final Piala Dunia 2002 yang saat itu digelar secara bersamaan oleh Korea Selatan dan Jepang. 

Lions of Teranga, demikian julukan Senegal, menembus putaran final Piala Dunia kedua mereka di Rusia usai menaklukkan Afrika Selatan dengan skor 2-1. Tim nasional yang menduduki posisi 23 peringkat FIFA itu bakal kembali mengaum di grup H bersama Polandia, Kolombia dan Jepang. Harapan Senegal untuk melebihi sukses mereka di tahun 2002 bukan isapan jempol belaka. Pasalnya tim dari benua Afrika itu kali ini dibesut oleh mantan pemain nasional mereka di tahun tersebut,  Aliou Cisse. Ya, Aliou Cisse merupakan kapten kesebelasan Senegal saat melaju ke perempat final Piala Dunia 2002. Sejak memegang tampuk pimpinan di tahun 2015, Aliou Cisse tampil impresif meracik strategi demi strategi Senegal, hingga menjadi tim tak terkalahkan di grup D babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika.

Walau Kara Mbodj, pemain belakang Anderlecht FC, menjadi penentu kemenangan Senegal melawan Afrika Selatan, dengan tendangan geledeknya, tapi bukan Mbodj yang menjadi sorotan di tim nasional Senegal. Adalah Sadio Mane, pemain sayap Senegal, yang menjadi bintang kali nanti di Rusia. Sadio Mane merupakan pemain termahal Afrika kala dia ditransfer Liverpool FC dari klub Liga Inggris pula, Southampton. Tidak hanya di klub profesional, pemain depan Senegal itu juga tajam di tim nasional dengan raihan 14 gol dari 48 kali penampilan.

Dengan kekuatan, kecepatan dan kemampuan Sadio Mane mengolah si kulit bundar, rakyat Senegal layak berharap tim nasional mereka dapat memuncaki grup H putaran final Piala Dunia 2018. Kita lihat saja nanti, apakah para singa yang ramah (Lions of Teranga) dapat menghalau ketiga lawan pertama mereka untuk melaju melebihi prestasi debutan mereka 2002?

Salam Sepak!


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: