Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh Saat Cuaca Ekstrim

Written by on Desember 5, 2017

Cuaca yang tidak menentu membuat kondisi tubuh kita bermasalah dan mudah terserang berbagai penyakit. Salah satunya adalah Influenza. Agar tubuh tidak mudah terserang penyakit tersebut kuncinya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi & vitamin agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Sebab, semakin kuat daya tahan tubuh kita, maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit. “Bagi penderita flu disarankan untuk tetap aktif bergerak” ungkap Julia, dalam program Klinik RPK, Senin (4/12/2017).

Salah satu tindakan yang salah kaprah adalah mengkonsumsi antibiotik terlalu sering. Karena antibiotik hanya berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri. Sedangkan flu adalah sebuah virus, serta akan menimbulkan resistensi yang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Pilek dan flu merupakan salah satu jenis penyakit ringan, tetapi jangan dianggap remeh karna akan fatal bila dibiarkan begitu saja. Flu merupakan salah satu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Proses penyembuhan flu sekitar 3-5 hari. Jika lebih dari 5 hari maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Beberapa ciri sakit flu diantaranya yaitu panas, nyeri otot, sakit kepala, lemas, sakit tenggorokan.

Inilah berikut beberapa tips ampuh agar terhindar dari flu :

  1. Mengkonsumsi makanan berserat seperti buah sayur.
  2. Jalan kaki selama 20-25 menit per hari.
  3. Penuhi kebutuhan vitamin D, vitamin D mampu menstimulus sel imun. Vitamin D dapat diperoleh dari telur dan berjemur matahari pada pagi hari.
  4. Istirahat dan tidur yang cukup.
  5. Makan dengan porsi yang wajar, makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan berbagai penyakit lainnya.
  6. Hindari stress, untuk mendukung stamina agar tetap sehat.
  7. Mencuci tangan secara menyeluruh dapat menjaga kita dari tertularnya flu.
  8. Terakhir, hindari terlalu sering memegang mulut & hidung ketika sedang beraktifitas.

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: