Tunisia: Elang Kartago yang Siap Jadi Kuda Hitam Kembali

Written by on Desember 6, 2017

Tim dari negara apa di Afrika yang pertama kali berhasil memenangkan pertandingan di Piala Dunia? Jawabannya, Tunisia. Ya, tim yang berjuluk Elang Kartago itu merupakan tim Afrika pertama yang berhasil menang di perhelatan Piala Dunia. Tahun 1978, Tunisia menjalani debutan Piala Dunia mereka dengan mengalahkan Meksiko 3-1, lalu menahan imbang tim panser, Jerman, 0-0, sebelum akhirnya tersingkir. Awesome enough!

Tahun 2018 merupakan tahun kelima Tunisia lolos ke putaran final Piala Dunia, sebelumnya 1978, 1998, 2002, dan 2006. Semuanya, Tunisia masih belum dapat lolos dari tahap grup. Nah, di kali kelima di Piala Dunia 2018, Elang Kartago siap menjadi kuda hitam kembali buat para jawara bola dunia setelah 12 tahun lamanya menanti.

Adalah Nabil Maaloul, pemain tengah Tunisia tahun 80 dan 90-an, yang kali ini diserahi tanggung jawab menangani Tunisia sebagai pelatih. Prestasi Maaloul sejak April 2017 tentunya membuat Tunisia menjadi tim Afrika pertama yang memastikan lolos ke Rusia.

Bicara soal bintang, tak ada yang paling menonjol di tim Elang Kartago, karena mereka lebih mengutamakan pola permainan kolektif yang mematikan. Namun Tunisia memiliki pemain depan yang perlu diwaspadai, yaitu Youssef Msakni. Pemain berusia 27 tahun itu bermain sebagai pesepakbola profesional di klub Qatar, Al-Duhail. Bermain sebanyak 51 kali bersama tim nasional, Msakni berhasil melesakkan 14 gol buat Tunisia. Sedikit? Tak masalah, pasalnya sebagian besar gol Msakni tercatat sebagai gol vital penentu kemenangan Elang Kartago, termasuk hat trick ke gawang Guinea di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Bagaimana? Cukup menarik perhatian Anda di ajang Piala Dunia 2018 mendatang? Kita lihat saja nanti apakah pemegang posisi 27 peringkat dunia FIFA akan kembali menjadi Kuda Hitam di grup G? Mampukah Nabil Maaloul membawa anak asuhannya melewati hadangan Belgia, Panama dan salah satu favorit juara dunia, Inggris?

Salam Sepak!

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: