Iran: Yang Kuat dari Asia Siap Taklukkan Dunia

Written by on Desember 8, 2017

Menjadi salah satu tim terkuat dari konfederasi Asia, tidak membuat tim berjuluk Team Melli ini menjadi besar kepala. Ya, Iran kembali berkontestasi dengan 31 negara lainnya di ajang putaran final Piala Dunai 2018 di Rusia. 

Tahun 2018 adalah Piala Dunia mereka yang kelima, setelah debutan di tahun 1978, lalu Iran mencatatkan diri sebagai tim yang patut diperhitungkan walau di keempat tahun penampilannya (1978, 1998, 2006, 2014), Iran harus puas hanya sampai di babak pertama saja.

Adalah Carlos Queiroz, pelatih asal Portugal, yang kali ini meracik strategi buat Iran untuk kedua kali. Queiroz pun mengantarkan Iran ke putaran final 4 tahun lalu (Piala Dunia 2014 di Brazil), dan Piala Dunia 2018 merupakan Piala Dunia ketiga buat pelatih berusia 64 tahun itu. Sebelum dua kali mengantar Iran, ajang pertama Queiroz di Piala Dunia adalah saat mengantar Portugal ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Pengalaman Queiroz malang melintang mengolah taktik di klub-klub besar seperti Manchester United (menjadi asisten Alex Fergusson) dan Real Madrid, sepertinya akan menjadi salah satu modal besar Iran berlaga di Rusia mendatang.

Bicara soal bintang, tim Iran punya Sardar Azmoun, pemain sepakbola profesional Iran berusia 22 tahun. Azmoun merintis karir nasionalnya dari bawah di tim U17, U20, U23, hingga tim senior Iran. Hingga kini, striker potensial Iran tersebut sudah melesakkan 22 gol penentu Iran selama 30 kali bermain untuk tim senior. Banyak pihak menyebut Azmoun sebagai penerus legenda sepakbola Iran, Ali Daei. Pengetahuan dan pengalaman Azmoun sebagai pemain di klub Rusia, Rubin Kazan, dapat menjadi modal teman-temannya untuk dapat beradaptasi dan berkreasi untuk menaklukkan dunia di Rusia.

Untuk itu, tim berperingkat 32 FIFA tersebut mesti menaklukkan terlebih dahulu kompetisi di grup B. Di babak grup, Queiroz dan anak asuhnya mesti berhadapan dengan tim negara asal Queiroz, Portugal. Kemudian Iran pun mesti melalui Maroko, dan salah satu tim yang diunggulkan untuk menjuarai Piala Dunia 2018, Spanyol. Mampukah mereka memperbaiki catatan Piala Dunia mereka?

Salam Sepak!


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

%d blogger menyukai ini: