UNICEF: Dunia Teknologi Digital Wajib Ramah Anak dan Mudah Diakses!

Written by on Desember 12, 2017

Sebuah laporan tahunan bertajuk State of the World’s Children yang dirilis oleh Badan PBB Untuk Anak-Anak (UNICEF) memperlihatkan bahwa 1 dari 3 pengguna internet di seluruh dunia adalah anak-anak. Kenyataan ini disadari UNICEF membawa tantangan ganda yaitu dampak positif dan juga negatif, terutama jika melihat bahwa pemerintah atau sektor swasta belum mempunyai mekanisme perlindungan yang menyeluruh menangani terpaan negatif dunia digital terhadap anak-anak.

“Untuk lebih baik dan lebih buruk, teknologi digital ini adalah kenyataan yang tidak terelakkan dari hidup kita. Di dunia digital, tantangan ganda kita adalah bagaimana mengurangi kerugian, dan di saat yang sama memaksimalkan manfaat internet bagi setiap anak.” kata Direktur Eksekutif UNICEF Anthony Lake, dalam siaran pers, Senin (11/12/2017).

Dampak negatif yang dapat memapar anak-anak di dunia internet ini diantaranya adalah penyalahgunaan informasi pribadi anak-anak, akses ke konten-konten yang merusak dan cyberbullying. Selain itu terdapat jaringan kejahatan digital yang dapat membuat anak-anak rentan terhadap beberapa jenis eksploitasi dan perlakuan tak pantas, diantaranya perdagangan anak dan kejahatan seksual online terhadap anak-anak.

Selain itu terdapat juga ketimpangan manfaat positif internet, dimana mereka yang tumbuh dalam kemiskinan atau terdampak keadaan darurat kemanusiaan, tidak mempunyai akses untuk menggunakan internet yang seharusnya dapat memberikan banyak informasi berguna, membangun keterampilan untuk tempat kerja digital, hingga memberi pengetahuan luas yang akan meningkatkan derajat hidup dan kesejahteraan mereka.

Atas beberapa kenyataan diatas, UNICEF meminta agar dunia, termasuk pemerintah dan swasta dapat melihat bahwa masih ada sekitar 346 juta anak-anak yang belum mendapatkan akses terhadap internet, untuk kemudian mencari solusi sekaligus memberikan peluang kepada anak-anak agar mendapat keuntungan dan manfaat bagi hidup mereka.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: