Cinta bagi Orang dengan Deimensia

Written by on Januari 6, 2018

Penurunan daya ingat atau dimensia termasuk dalam gangguan kesehatan Alzheimer, yang hingga saat ini termasuk penyakit yang belum bisa disembuhkan. Pada usia 60 tahun manusia umumnya menjadi target serangan dimensia, karena di usia inilah proses degenerasi pada manusia menguat. Proses degenarasi tidak ada bisa menahan atau bahkan menghilangkan. Dalam proses degenerasi ini penurunan kekuatan dan daya ingat juga daya pikir kian menurun, dan semakin menurun dari waktu ke waktu.

Tidak sedikit orang dengan dimensia atau ODD di muka bumi ini. ODD sangat membutuhkan bantuan orang yang hidup normal. ODD yang mengalami gangguan daya ingat menetap ini layaknya orang yang mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan penanganan khusus selayaknya orang normal yang harus menjalani kehidupan dengan penyakit yang menetap. Dan dalam mendampingi ODD ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan. Dan inilah tips pendampingan kepada para ODD.

Pendampingan yang akrab dengan sebutan care giver juga bisa dilakukan dalam waktu berkala, dalam bentuk kelompok dukungan atau support group. Kelompok dukungan ini sangat penting bagi ODD atau pun juga para pelaku pendampingan. Kelompok dukungan sangat baik bagi anggota kelompok untuk memperoleh solusi baru, yang biasanya diperoleh pada saat berbagi. Dengan berbagi dari masing-masing anggota kelompok, misalnya kelompokan dukungan para pendamping ODD, yang memilki pengalaman dan permasalahan berbeda, biasanya ada kisah atau cerita pengalaman masing-masing bisa menjadi tips anggota kelompok dukungan lainnya, bisa menjadi inspirasi baru dari masing-masing anggota kelompok dukungan.

Kelompok dukungan yang dibutuhkan care giver, ternyata juga dibutuhkan oleh para ODD itu sendiri. Sebagai anggota kelompok dukungan nanti, ODD akan mendapatkan kenyataan bahwa ternyata dirinya tidak sendiri. Ternyata ada banyak orang yang mengalami beban yang sama seperti mereka. Kesadaran itu bukan hanya menyemangati mereka untuk tetap semangat, namun juga akan menimbulkan rasa ingin berbagi bahkan rasa ingin membantu. Dan sama dengan kelompok dukungan bagi para pelaku pendampingan, ODD juga akan mendapatkan berbagai tips-tips yang menginspirasi mereka bilaman mendapatkan kondisi yang sama dengan kisah yang didapat saat berbagi.

Kemudian, sebagai anggota atau pun pemimpin dari keluarga yang memiliki anggota keluarga sebagai ODD, juga harus memberikan dukungan yang nyata bago ODD. Setiap anggota keluarga perlu memahami bahwa ODD sangat membutuhkan respon yang tepat dengan apa yang ia lakukan, apa yang ia katakan, dan apa yang ia pikirkan. Karena pada prinsipnya ODD adalah orang-orang yang sudah berusia tua dan yang merindukan perhatian serius dan memiliki rasa yang kuat untuk dicintai. Rasa dimengerti dan dicinta melalui respon para pelaku pendampingan dan seluruh anggota keluarga menjadi kunci para ODD, yang semakin hari semakin mengalami penurunan daya ingat. Berilah semangat yang kuat bagi mereka melalui respon yang kita miliki, selama ada kesempatan yang kita dapatkan bersama mereka.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: